Erick Thohir Sebut Geopark Tak Cuma Wisata, tapi Bisa Buka Lapangan Kerja

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Rabu, 01 Des 2021 18:30 WIB
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyampaikan sambutan sebelum menandatangani Nota Kesepahaman Kerja Sama Diplomasi Ekonomi untuk mendukung BUMN Go Global di Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Jumat (17/7/2020). Kerja sama ini bertujuan memperkuat diplomasi ekonomi dalam mewujudkan visi BUMN Go Global yang diharapkan dapat meningkatkan nilai investasi BUMN di luar negeri dan mendorong performa ekspor Indonesia. ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/pras.
Foto: ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto
Jakarta -

Pengembangan geopark sebagai destinasi wisata diharapkan bisa memberikan efek ganda untuk masyarakat sekitar.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengungkapkan pengembangan ini juga tak cuma menciptakan peluang investasi, tapi juga membuka lapangan kerja baru yang berbasis sektor ekonomi kreatif, sehingga diharapkan bisa meningkatkan perekonomian serta kesejahteraan daerah.

"Pengembangan geopark sebagai destinasi wisata sendiri dapat memberikan multiplier effect kepada masyarakat," kata dia, dikutip Rabu (1/12/2021).

Indonesia telah memiliki enam situs warisan geologi yang telah ditetapkan sebagai global geopark oleh UNESCO. Saat ini masih memiliki potensi besar di mana terdapat puluhan situs yang dapat dikembangkan menjadi geopark dan diakui secara internasional.

"Untuk itu BUMN sebagai agen pembangunan tentu mendukung upaya pemerintah dalam pelestarian dan pengembangan geopark," jelas dia.

Ke depan pengembangan geopark dilakukan dengan tetap mengedepankan nilai-nilai pembangunan berkelanjutan sesuai dengan prinsip Sustainable Development Goals (SDG), sehingga tidak hanya aspek ekonominya saja yang dikembangkan, melainkan juga aspek community development agar daerah tidak dieksploitasi secara berlebihan.

Dengan begitu kelestarian geologi yang terkandung serta kekayaan hayati dan budaya daerah tersebut tetap terlindungi. "Mari kita bersama terus memajukan dan menjaga kelestarian budaya dan alam Indonesia, karena kalau bukan kita siapa lagi," ujar dia.