Bocoran Bisnis Moncer 2022 Versi Sandiaga Uno, Mau Tahu Apa Saja?

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Kamis, 02 Des 2021 07:15 WIB
Jakarta -

Tahun 2021 sisa sebulan lagi, resolusi pun harus disiapkan buat tahun depan. Bagi yang punya resolusi untuk memulai bisnis tahun depan, baiknya lihat-lihat dan pilah-pilah dulu bisnis apa yang bakal moncer buat tahun depan.

Nah, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno punya rekomendasi bisnis-bisnis apa yang bakal datangkan cuan di tahun depan. Bagi yang sedang berpikir memulai usaha bisa cek rekomendasinya nih!

Di sektor ekonomi kreatif ada 3 subsektor usaha yang menurut Sandiaga bakal datangkan cuan. Yang pertama rumpun kebutuhan pokok, di sana ada bisnis kuliner, kriya, dan juga fesyen. Keunggulan bisnis ini risikonya bisa lebih rendah dan pasarnya besar.

"Yang pertama itu rumpun kebutuhan pokok kalau saya bilang. Itu ada bisnis kuliner, kriya, dan fesyen. Tiga itu jadi unggulan dan risikonya lebih rendah," ungkap Sandiaga dalam acara d'Mentor detikcom.

Kemudian subsektor berikutnya adalah sektor pertumbuhan, di dalamnya menurut Sandiaga ada bisnis hiburan macam musik, hingga pembuatan permainan atau games digital. Semua hal itu menurutnya bisa dikembangkan dalam sebuah aplikasi digital. Pertumbuhan di sektor ini menurutnya sangat menarik akhir-akhir ini.

Karena masih pandemi, subsektor bisnis kreatif yang menguntungkan berikutnya adalah yang berbasis dengan kesehatan. Mulai dari produk kesehatan yang sifatnya menenangkan alias rehabilitatif. Sampai ke bisnis yang sifatnya untuk gaya hidup dan berhubungan dengan cara gaya hidup sehat.

Di samping 3 hal yang dia sebutkan tadi, menurut Sandiaga sebuah bisnis akan berkembang bila memiliki konsep berkelanjutan alias ramah lingkungan. Bekennya disebut circular economy. Semakin ramah lingkungan, bisnis akan makin memiliki nilai tambah.

"Bisnis kita ini makin diukur dampaknya terhadap lingkungan dan secara sosial. Bisa dilihat dari pengelolaan sampah sisa produksi, penghematan energi, dan penggunaan energi baru dan terbarukan. Lalu juga bagaimana mengelola penggunaan air secara hemat, ini yang akan jadi daya tarik bisnis ke depan," papar Sandiaga.

Sandiaga juga mengatakan bisnis yang bakal menguntungkan beberapa waktu ke depan adalah bisnis yang melakukan transformasi digital. Dia bilang digitalisasi menjadi keharusan. Saat ini saja menurutnya media sosial menjadi media pemasaran terbaik, dan akan terus berkembang.

"Digitalisasi adalah keniscayaan, bisnis semua akan terhubung dengan digital. Media sosial sudah dan akan makin tinggi menjadi media pemasaran, social marketing jadi penting. Membangun relasi di medsos dan berinteraksi dengan netizen adalah hal penting," ungkap Sandiaga.

"Saya lihat juga bahwa ke depan bisnis akan sangat sangat terotomatisasi dan disimplifikasi dengan teknologi digital," katanya.

(hal/eds)