ADVERTISEMENT

Gedung Cyber 1 Kebakaran, Ini Daftar Layanan Digital yang Tumbang

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Jumat, 03 Des 2021 06:00 WIB
Gedung Cyber 1 di Mampang Prapatan, Jakarta Selatan (Jaksel), kebakaran. Ada 40 unit mobil pemadam kebakaran (damkar) yang dikerahkan ke lokasi.
Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Kebakaran yang terjadi pada Gedung Cyber 1, Mampang, Jakarta Selatan berdampak pada sejumlah layanan digital. Pasca kebakaran tersebut, sejumlah layanan pun dikabarkan mengalami gangguan.

Apa saja yang mengalami gangguan? Berikut daftarnya seperti dirangkum detikcom:

1. IPOT dan Ajaib

Layanan IPOT dan Ajaib mengalami gangguan karena kebakaran tersebut. Hal tersebut diumumkan melalui media sosial.

"Mohon perhatian. Data center mengalami insiden kebakaran, sementara akan terjadi gangguan dalam bertransaksi," tulis akun instagram resmi @ajaib_investasi dikutip Kamis (2/12/2021).

Selain PT Ajaib Sekuritas Asia, PT IndoPremier Sekuritas atau IndoPremier Online Technology (IPOT) pun melaporkan hal serupa.

Pihaknya menyebut bahwa data center yang berada di lokasi kebakaran ikut terbakar. Sehingga, layanan sekuritas pun belum dapat digunakan untuk sementara waktu.

"Saat ini kami sedang menghadapi situasi force majeure di mana data center kami di Gedung Cyber Mampang mengalami kebakaran yang mengakibatkan jaringan data beberapa sekuritas, termasuk IPOT, terganggu dan belum dapat digunakan untuk sementara waktu," tulis IPOT dalam akun instagram resmi @indopremier.

IPOT menyebut, akan segera berupaya untuk menangani permasalahan tersebut. "Kami mohon maaf yang sebesar-besarnya atas ketidaknyamanan yang dialami. Kami akan terus berupaya secara maksimal agar seluruh layanan dapat kembali seperti semula," sambungnya.

2. ShopeePay

PT Shopee Internasional Indonesia (Shopee Indonesia) mengungkap, layanan ShopeePay juga mengalami gangguan. Alasan gangguan karena kebakaran yang terjadi di Gedung Cyber 1, Mampang, Jakarta Selatan.

"Dikarenakan kebakaran di Gedung Cyber, beberapa layanan Shopee dan juga layanan mitra kami mengalami gangguan," kata Head of Public Affairs Shopee Indonesia, Radynal Nataprawira kepada detikcom.

Meski begitu, pengguna diminta tidak perlu khawatir karena dalam beberapa waktu ke depan layanan akan pulih lagi. Semua data dan akun juga disebut dalam kondisi yang aman.

"Para pengguna dan mitra tidak perlu khawatir, transaksi yang telah dilakukan pelanggan dan mitra akan dapat segera dilakukan kembali. Semua data dan akun juga dalam kondisi yang aman," jelasnya.

Simak video 'Gedung Cyber 1 Jakarta Terbakar, Ini Sederet Kabar Terbarunya':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT