Fadel Muhammad: Anggaran Ideal MPR Rp 1,4 T

Deden Gunawan - detikFinance
Jumat, 03 Des 2021 11:10 WIB
Jakarta -

Sejatinya anggaran ideal untuk MPR RI pada 2022 butuh antara Rp 1,2 -1,4 triliun. Anggaran sebesar itu, menurut Wakil Ketua MPR Bidang Angggaran Fadel Muhammad, antara lain untuk memperlancar sosialisasi empat pilar serta berbagai penelitian dan pembahasan terkait Pokok-Pokok Haluan Negara.

"Semua orang meminta hal ini dan semua anggota MPR kami beri kesempatan ke dapil mengenai sosialisasi empat pilar ini," kata Fadel Muhammad kepada Tim Blak-blakan detikcom, Kamis (2/12/2021).

Bersama Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo (Bamsoet) dia telah menyampaikan hal itu kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Bogor pada Agustus lalu. Presiden telah menyetujuinya dan meminta Sekretaris Negara Pratikno menyampaikan hal tersebut kepada Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Tapi kemudian anggaran yang diminta tetap dipangkas hampir 50%.

"Kami pahamlah semua mengalami pemotongan, tapi kalau sampai setengahnya, cuma mendapat alokasi Rp 660 miliar otomatis kami hanya bisa kerja selama enam bulan," kata Fadel.

Dalam hal ini ia menilai Sri Mulyani kurang bijaksana sehingga pimpinan MPR kesal dan terlontar permintaan agar Menteri Keuangan Terbaik 2020 versi majalah Global Markets itu dicopot.

"Jangan salah lo ya, ini bukan cuma saya dan Pak Bamsoet dari Golkar, Pak Saleh Basarah dari PDIP, pimpinan dari PKB dan PPP juga menyuarakan hal sama," tegas Fadel yang pernah menjadi Gubernur Gorontalo, 2001-2009.

Untuk diketahui, pada Selasa lalu, pimpinan MPR melontarkan kekesalan dan meminta Presiden Jokowi agar mencopot Sri Mulyani dari jabatannya. Sri Mulyani dinilai tidak menghargai MPR karena dua kali mangkir dari undangan rapat. Dia juga dianggap semena-mena karena telah memangkas anggaran MPR hingga separuhnya.

(deg/ara)