Sedotan Bambu Asal Banyuwangi Sukses Go Global, Ini Kisahnya

ADVERTISEMENT

Sedotan Bambu Asal Banyuwangi Sukses Go Global, Ini Kisahnya

Erika Dyah - detikFinance
Jumat, 03 Des 2021 13:22 WIB
Sedotan Bambu Asal Banyuwangi Sukses Go Global, Ini Kisahnya
Foto: Screenshot YouTube Bank BRI
Jakarta -

Dalam beberapa tahun terakhir, kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan semakin digalakkan. Tak ketinggalan, muncul juga berbagai lini usaha yang berupaya membantu masyarakat menerapkan gaya hidup ramah lingkungan, salah satunya lewat penggunaan sedotan bambu yang reusable.

Founder & Direktur PT Arum Jaya Perdana, Mistianingrum mengungkap dalam beberapa tahun ke belakang, isu lingkungan telah menjadi isu yang global. Ia melihat sampah plastik telah menjadi masalah di seluruh dunia.

"Mau tidak mau, kita harus mulai meninggalkan produk sekali pakai dan beralih menggunakan produk ramah lingkungan dan bisa digunakan secara berulang atau reusable," ungkap perempuan yang akrab disapa Ningrum ini kepada detikcom ditulis Jumat (3/12/2021).

Ningrum mengatakan pihaknya berinovasi untuk membuat produk ramah lingkungan berupa sedotan bambu. Pemilihan bahan baku bambu ini bukanlah tanpa alasan, Ningrum mengatakan ketersediaan bahan baku bambu sangatlah melimpah di wilayahnya, yaitu Banyuwangi, Jawa Timur.

Selain itu, menurutnya bambu juga merupakan salah satu jenis tumbuhan yang pertumbuhannya sangat cepat. Sehingga ia meyakini usahanya tidak akan kekurangan bahan baku untuk memproduksi sedotan bambu dalam kapasitas yang cukup besar.

Ia menerangkan sedotan bambu yang diproduksi pihaknya memiliki kelebihan karena terbuat dari bahan baku yang alami, serta diproses dengan natural tanpa campuran bahan kimia. Selain itu, sedotan bambu produksi PT Arum Jaya Perdana ini pun menurutnya telah melewati proses finishing yang rapi, halus, dan terjamin mutunya.

Melalui usahanya ini, Ningrum berhasil membawa sedotan bambu buatan Indonesia Go Global dan mewujudkan impiannya sebagai eksportir. Ia mengatakan kini produk sedotan bambu buatannya telah diekspor hingga UK, Amerika Serikat, dan Belgia dengan brand-nya sendiri.

Ningrum yang merupakan Juara 1 Brilianpreneur 2020 kategori Business Matching ini mengungkap sebenarnya sejak tahun 2018 produk sedotan bambu yang ia produksi sudah diekspor oleh pihak lain dengan brand mereka.

"Dari situ saya menyadari bahwa produk sedotan bambu saya sudah memenuhi standar internasional untuk bisa diekspor," katanya.

Melihat peluang tersebut, ia pun memutuskan untuk membuat brand sendiri, yaitu Bamboo Arum Straw @bambooarumstraw dan mulai mengekspor produk buatannya secara langsung. Ia melihat bisnis ekspor memiliki banyak keunggulan, mulai dari jumlah order yang umumnya cukup besar, serta kerja sama mitra yang berkelanjutan dalam jangka waktu yang cukup panjang.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT