CPNS 2022 Ada atau Tidak? Simak Penjelasannya di Sini

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Jumat, 03 Des 2021 14:56 WIB
CPNS Kemenkumham 2021 sudah mengumumkan hasil Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).
Ilustrasi/Foto: Grandyos Zafna/detikcom
Jakarta -

Sebelumnya beredar kabar mengenai penerimaan CPNS 2022 yang disebut-disebut tidak akan dilaksanakan karena akan digantikan dengan PPPK. Lalu benarkah CPNS 2022 tidak akan dilaksanakan? Simak penjelasan berikut ini.

Hal ini diketahui dari komentar Plt Kepala BKN Bima Haria Wibisana di salah satu postingan di akun Instagram resminya. Komentar itu sempat viral di media sosial dan dijadikan bahan perbincangan kalau pemerintah tidak membuka lowongan CPNS di tahun depan.

Dilihat detikcom langsung dari akun @wibisanabima, dalam salah satu unggahan yang keterangannya diunggah lebih dari sebulan yang lalu, Bima memang menyebutkan kalau seleksi CPNS di 2022 tidak ada.

Dia membalas salah satu komentar followers-nya yang meminta pemerintah untuk membuka seleksi CPNS di tahun 2022. Namun, Bima menjawab di tahun depan seleksi hanya dibuka untuk formasi PPPK.

"2022 hanya PPPK saja. Ke depan penerimaan PNS akan sangat-sangat sedikit, yang banyak PPPK," kata Bima dikutip detikcom dari akun @wibisanabima.

Menanggapi hal tersebut, Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo mengungkapkan tes CPNS 2022 akan tetap dilaksanakan, namun jumlahnya akan disesuaikan dengan kebutuhan.

"Kalau tahun depan, pengertian tidak ada, bukan tidak ada sama sekali. Tapi ada pengurangan, sesuai kebutuhan," kata Tjahjo dikutip dari pemberitaan detikcom, Jumat (3/12/2021).

Tjahjo menyebut ke depan penerimaan CPNS 2022 ini tidak akan lebih dari kebutuhan. "Butuh 5 ya 5, tidak boleh lebih. Dulu meninggal 5 masuk 100," jelas dia.

Namun di sisi lain, Tjahjo juga membenarkan kabar yang menyebutkan kalau pemerintah akan lebih banyak melakukan penerimaan pegawai dengan sistem PPPK daripada CPNS 2022.

(eds/eds)