Pengusaha Punya 3 Senjata Genjot Ekonomi RI, Apa Aja?

Aulia Damayanti - detikFinance
Jumat, 03 Des 2021 16:24 WIB
Rapimnas Kadin/Dok Kadin
Foto: Rapimnas Kadin/Dok Kadin
Jakarta -

Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia mengumumkan telah menyiapkan Road Map To Indonesia 2045 dengan menguatkan tiga program utama. Hal ini disampaikan Ketua KADIN Indonesia, Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) 2021 di Bali.

Adapun road map itu di antaranya, pertama mendukung percepatan investasi seperti spirit UU Cipta Kerja, kedua membangun ekonomi daerah dan ketiga menciptakan kewirausahaan serta penguatan SDM melalui vokasi.

"Kita ambil spirit dari UU Cipta Kerja. Spirit mempercepat dan permudah investasi, ada lapangan kerja bagi masyarakat dan mengurangi kemiskinan. Lalu kuatkan ekonomi daerah, kebijakannya jangan disamakan, tapi lihat potensi daerahnya. Ingat, ekonomi daerah kuat, ekonomi nasional akan kokoh," ujar Arsjad Rasjid, dalam keterangannya, Jumat (3/12/2021).

Selain itu, guna mengangkat perekonomian Indonesia, UMKM di Indonesia dinilai harus naik kelas. Menurut Arsjad dari informal menjadi formal sehingga bisa mengakses permodalan untuk menjadi lebih besar.

"KADIN Indonesia mendorong program Ekonomi Kerakyatan yang mengedepankan kerja sama, kolaborasi menciptakan wirausaha sosial, peduli terhadap ekonomi negara, bangsa dan masyarakat. Itulah Ekonomi Pancasila yang bertujuan menciptakan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia," ucapnya.

Isu UMKM hingga ekonomi digital ini disebut juga akan dibawa ke ajang Presidensi G20. Hal ini dilakukan menuju 2045, di mana Indonesia diharap sudah bisa memiliki kekuatan ekonomi hijau dan bersih.

"Rapimnas ini juga KADIN Indonesia mendukung program pemerintah untuk mencapai target Net Zero di 2060. Saat ini, KADIN Indonesia sedang menyiapkan Net Zero bagi usahawan tingkat UMKM di bantu KADINDA. Ingat, di COP26 kemarin, Indonesia juga jadi leader dalam menginisiasi carbon trading yang perangkatnya sudah kita siapkan," jelasnya.

Sebagai informasi, KADIN Indonesia sendiri memang tengah melakukan Rapimnas 2021 di Bali. Acara yang digelar di BNDCC, Nusa Dua, Bali ini akan berlangsung dari tanggal 3-4 Desember 2021.

Dalam Rapimnas ini KADIN Indonesia juga menggelar acara pameran UMKM dan industri kreatif di sepanjang lobby tempat berlangsungnya acara.

Rapimnas ini KADIN Indonesia bersama KADINDA dari seluruh Indonesia memang diagendakan untuk memikirkan soal bagaimana organisasi ini bisa berkontribusi dalam langkah menuju Indonesia Emas 2045.



Simak Video "Arsjad Rasjid Tak Pernah Terpikirkan Jadi Ketum Kadin"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)