ADVERTISEMENT

Luhut Minta Kadin Terlibat Gali Investasi: Jangan BUMN Melulu

Sui Suadnyana - detikFinance
Jumat, 03 Des 2021 19:29 WIB
Poster
Foto: Edi Wahyono
Badung -

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan meminta Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia terlibat dalam menggali investasi ke Tanah Air. Menurutnya, menggali investasi tak melulu yang harus diajak adalah BUMN.

"Saya mau Kadin lebih terlibat lagi. Saya sudah sampaikan ke Pak Arsjad maupun Pak Anin, ayok kita sama-sama. Jadi setiap kami pergi kami akan ajak teman-teman Kadin supaya langsung konkrit," kata Luhut saat jadi pembicara kunci di Rapimnas Kadin di Bali, Jumat (3/12/2021).

Menurut Luhut, dirinya sudah dua kali mengajak Kadin Indonesia pergi ke luar negeri untuk menggali investasi, yakni ke Inggris dan Abu Dhabi.

"Seperti yang di Inggris salah satu contoh. Kemarin di Abu Dhabi. Abu Dhabi itu angka ya besar saya kira dan itu Kadin saya kira terlibat banyak. Ya jangan BUMN melulu lah. Ya jangan BUMN melulu, ayok! Tapi Kadin-nya harus profesional juga, jangan omdo juga, saya titip itu," pinta Luhut.

Luhut menegaskan, Kadin tidak boleh lagi untuk tidak ikut ke mana-mana dalam menggali investasi. Ia mengaku bakal mengajak Kadin Indonesia pergi dan hal itu sudah membicarakan hal tersebut dengan Ketua Umum Kadin Indonesia Arshad Rasjid.

"Jadi Kadin, saya sudah bilang sama Pak Arsjad tidak boleh lagi tidak ikut lagi ke mana-mana. Jadi saya pergi, (Kadin) saya juga ajak," tegas Luhut.

Luhut membeberkan bahwa hasil pertemuan antara dirinya dan Kadin Indonesia bersama Perdana Menteri Britania Raya Boris Johnson telah membuahkan hasil. Sudah ada berita kerja sama antara Inggris dengan Indonesia.

"Saya kemarin ke Inggris ketemu Moris Jonshon ya itu kadin ikut ke saya. Dan itu follow up-nya adalah tadi saya dapat berita dari London, bahwa projek bersama antara Inggris-Indonesia itu diawali dari Kadin juga," ungkap Luhut.

(dna/dna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT