Gunung Semeru Erupsi, Bagaimana Operasi Bandara dan Penerbangan?

Aulia Damayanti - detikFinance
Sabtu, 04 Des 2021 18:50 WIB
gunung semeru meletus
Foto: Tangkapan Layar (Video amatir warga)
Jakarta -

Gunung Semeru di Jawa Timur erupsi. Kejadian ini disebut terjadi sekitar pukul 15.00 WIB. Lantas bagaimana kondisi bandara dan penerbangan dari dan menuju bandara terdekat?

Sebagai informasi, bandara terdekat Gunung Semeru ada Bandara Abdul Rachman Saleh di Malang dan Bandara Internasional Juanda, Surabaya.

Kementerian Perhubungan mengatakan untuk saat ini kondisi operasional penerbangan masih berjalan normal. Dijelaskan, berdasarkan informasi dari Perum LPPNPI (AirNav Indonesia) abu vulkanik dari Semeru tidak mengarah ke bandara terdekat.

"Sesuai dengan monitoring yang dilakukan DJU, berdasarkan ASTHAM Perum LPPNPI yang bersumber dari VAAC Darwin, sebaran VA mengarah ke barat daya dengan kecepatan 50 KT. Tidak terdapat bandara dan ATS route yang terdampak VA. Bandara Malang berjarak 9 NM dr area VA," kata Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub Novie Riyanto, kepada detikcom, Sabtu (4/12/2021).

"Operasional penerbangan tetap berjalan normal dan terus dilakukan monitoring intensif serta penyiapan langkah-langkah contingency sesuai ketentuan," tambahnya.

Senada, Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati mengatakan pihak AirNav telah memperingatkan para pemangku kepentingan penerbangan untuk waspada terhadap letusan Gunung Semeru.

"Namun demikian, hingga saat ini operasional penerbangan dan bandara di sekitarnya masih beroperasi seperti biasa," tuturnya, dihubungi terpisah.

Pihaknya pun mengaku akan terus memantau perkembangan Gunung Semeru.

"Kami akan terus memonitor perkembangan kondisi Semeru dan dampak letusannya untuk dapat disesuaikan dengan operasional bandara dan penerbangan," tutupnya.

Garuda Indonesia masih normal. Cek halaman berikutnya.