Semeru Erupsi, Sri Mulyani Siagakan APBN

Danang Sugianto - detikFinance
Minggu, 05 Des 2021 13:33 WIB
Tim SAR gabungan dikerahkan untuk cari dan evakuasi korban erupsi Gunung Semeru. Lokasi pencarian korban salah satunya dilakukan di Desa Sumber Wuluh, Lumajang.
Foto: ANTARA FOTO/Zabur Karuru
Jakarta -

Indonesia kembali dirundung duka. Salah satu gunung paling tenar di Indonesia, Semeru mengalami erupsi dan memporak-porandakan warga setempat.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati ikut buka suara terkait bencana tersebut melalui postingan di akun Facebooknya yang bercentang biru.

"Erupsi Gunung Semeru 4/12/2021. Mari berdoa untuk keselamatan seluruh rakyat di sekitar Gunung Semeru," tulisnya sambil mengunggah foto kejadian Minggu (5/12/2021).

Sri Mulyani pun menyatakan telah mengarahkan jajaran Kementerian Keuangan (Kemenkeu) untuk menyiagakan APBN guna memberikan dukungan anggaran.

"Saya meminta jajaran Kemenkeu untuk bersiaga dalam mekanisme dukungan anggaran APBN maupun TKDD dalam menghadapi bencana alam yang berpotensi meningkat menjelang akhir tahun dan awal tahun," tuturnya.

Sekadar informasi, erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur mengakibatkan 13 warga meninggal dunia dan puluhan lainnya terluka. Sejauh ini, BNPB mencatat ada puluhan warga yang mengalami luka bakar.

"Sebanyak 41 orang yang mengalami luka-luka, khususnya luka bakar, telah mendapatkan penanganan awal di Puskesmas Penanggal. Selanjutnya mereka dirujuk menuju RSUD Haryoto dan RS Bhayangkara," ujar Plt Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhar dalam keterangannya, Minggu (5/12/2021).

Kemudian puluhan orang lainnya yang terluka juga telah dievakuasi di sejumlah fasilitas kesehatan. Di antaranya 40 orang dirawat di Puskesmas Pasirian, 7 orang di Puskesmas Candipuro, serta 10 orang lain di Puskesmas Penanggal di antaranya terdapat dua orang ibu hamil.

Simak Video 'Kepanikan Warga Dengar Awan Panas Susulan Gunung Semeru':

[Gambas:Video 20detik]



(das/zlf)