Mendag Lutfi Mau Genjot Waralaba RI, Begini Caranya

Aulia Damayanti - detikFinance
Selasa, 07 Des 2021 12:55 WIB
Mendag M Lutfi
Foto: Dok. Kemendag
Jakarta -

Kementerian Perdagangan dan tiga asosiasi waralaba dan lisensi Indonesia menggelar forum Indonesia Franchise Forum dan Biz Fest 2021. Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi pede lini usaha itu masih berpotensi sukses dan menguntungkan di Indonesia, meski masih dihantam pandemi.

Ia mengungkap di 2020 bisnis waralaba dan lisensi sudah berkontribusi meningkatkan tenaga kerja sebanyak 628.000 orang. Omzet usaha waralaba dan lisensi juga disebut mencapai Rp 54,5 miliar.

"Pemerintah mendorong pengembangan usaha waralaba dan lisensi di dalam negeri karena potensinya masih besar dan menjanjikan," katanya dalam sambutannya di Indonesia Franchise Forum dan Biz Fest 2021, secara virtual, Selasa (7/12/2021).

Lutfi juga meyakini, lini usaha waralaba dan lisensi Indonesia bisa menguasai pasar Internasional. "Melalui Indonesia Franchise Forum dan Biz Fest 2021 bapak dan ibu diharapkan mendapat output yang positif baik di dalam negeri maupun di luar negeri," imbuhnya

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Oke Nurwan mengatakan, Kemendag akan mengawal bisnis waralaba dan lisensi dengan syarat harus sudah terdaftar di Kementerian Perdagangan.

Dalam paparannya dia juga menyampaikan perbedaan keuntungan dari usaha waralaba dan bisnis pribadi.

"Kelebihan usaha waralaba dan sudah dilisensikan bisa mengembangkan usaha tanpa modal yang besar karena modalnya dari masyarakat yang sudah franchise. Kalau sudah diwaralabakan dan dilisensikan, sudah pasti menguntungkan minimal 5 tahun," katanya.

Kemudian, dengan bisnis waralaba maka penerima waralaba bisa mengembangkan usaha tanpa memulai dari nol. Lalu, bisnis waralaba disebut telah dikenal luas sehingga penetrasi pasar lebih cepat.

Menurutnya, tingkat risiko bisnis waralaba lebih kecil dan potensi kesuksesannya lebih besar. Penerima waralaba memperoleh kemudahan dalam melakukan ekspansi usaha dan akan mendapatkan jaminan investasi aman karena sudah terbukti memberikan keuntungan.

Sementara kalau usaha sendiri, modal yang diperlukan untuk memulai usaha jadi besar. Memerlukan pemasaran yang lebih karena belum dikenal di pasar. Risiko kegagalan relatif lebih besar, butuh waktu lama untuk membangun reputasi bisnis, dan jaminan investasi belum tentu aman.

Sebagai informasi, Indonesia Franchise Forum dan Biz Fest 2021, adalah serangkaian acara yang bertujuan untuk membangun bisnis waralaba dan lisensi di Indonesia pasca pandemi COVID-19. Acara ini melibatkan Kementerian Perdagangan,Perhimpunan Waralaba dan Lisensi Indonesia (WALI), Asosiasi Lisensi Indonesia dan Asosiasi Franchise Indonesia.

Forum akan menggelar beberapa acara, mulai dari Business Conference yang berlangsung pada 7 Desember 2021, Festival Peluang Bisnis (Peluang Bisnis, Lisensi & Waralaba) yang diselenggarakan pada 11-12 Desember 2021, lalu Festival Belanja Indonesia pada 7-12 Desember 2021 dan penghargaan BizFest Award pada 13 Desember 2021.



Simak Video "Unik! Bisnis Kekinian di Bidang Kecantikan Pertama yang Bisa Franchise"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)