Gaji Pramugari di 6 Maskapai Indonesia, Mana Paling Gede?

Anisa Indraini - detikFinance
Selasa, 07 Des 2021 17:40 WIB
Ilustrasi Pramugari
Foto: (iStock)
Jakarta -

Penasaran berapa gaji pramugari? Mungkin tidak sedikit yang mendambakan pekerjaan tersebut karena kesempatannya yang bisa jalan-jalan atau keliling dunia secara gratis.

Ketika di pesawat kita akan menemui pramugari yang tugasnya melayani kebutuhan penumpang sekaligus memastikan kenyamanannya. Meski terlihat enak, bukan berarti pekerjaan ini tidak memiliki risiko lho.

Untuk menjadi pramugari, biasanya ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi seperti wajah yang rupawan, tubuh proporsional, hingga kemampuan berbahasa Inggris yang mumpuni. Nah soal gaji pramugari, setiap maskapai besarannya berbeda-beda.

Dirangkum detikcom, Selasa (7/12/2021), berikut kisaran gaji pramugari di enam maskapai yang dilansir dari buku 'Sukses Menjadi Pramugari' karya Pepen Pendi:

1. Gaji Pramugari Garuda Indonesia

Maskapai penerbangan BUMN ini adalah salah satu maskapai terbaik di Indonesia. Jadi jangan heran jika gaji pramugari dan pegawai lainnya terbilang besar.

Gaji pramugari yang masih berstatus junior atau masa training akan diberikan sebesar Rp 15 juta per bulan. Bagi yang sudah memiliki jam terbang tinggi, besarannya bisa Rp 30 juta per bulan.

Total itu belum termasuk fasilitas yang didapatkan seperti jatah tiket untuk keluarga inti, akomodasi selama perjalanan, dan fasilitas lainnya.

2. Gaji Pramugari Batik Air

Gaji pramugari di Batik Air juga bervariasi tergantung jam terbang. Biasanya seseorang akan memperoleh gaji pokok sebesar Rp 2 juta sampai Rp 3 juta per bulan ditambah uang terbang. Setiap terbang, pramugari junior memperoleh gaji lagi sebesar Rp 40 ribu per jam.

Dalam penerbangannya, pramugari rata-rata melakukan penerbangan dengan awak kabin lainnya sekitar 6 jam per harinya. Jika dihitung per jamnya Rp 40 ribu, maka dalam sehari pramugari bisa mendapatkan uang terbang sebesar Rp 240 ribu. Umumnya seorang pramugari di maskapai ini dalam seminggu memiliki waktu 4 hari terbang.

Selain itu, pramugari juga memiliki tambahan uang makan sebesar Rp 15 ribu sampai Rp 45 ribu per hari. Jika dijumlahkan dengan gaji pokok, uang terbang, dan uang makan maka seorang pramugari di maskapai ini bisa memperoleh gaji hingga sekitar Rp 7,5 juta per bulan.

Lihat juga video 'Dari Pramugari Hingga Jualan Lontong Sayur untuk Bangkit dari Corona':

[Gambas:Video 20detik]



Lanjutkan membaca -->