Wanti-wanti Sri Mulyani ke Anak Buah: Jangan Pura-pura Jujur dan Tak Korupsi!

Siti Fatimah - detikFinance
Rabu, 08 Des 2021 12:01 WIB
Poster
Foto: Edi Wahyono

Dia menjelaskan, area utama untuk mencegah korupsi di Kementerian Keuangan berada di tata kelola leadership, tone of the top, nilai-nilai Kemenkeu dan kode etik yang dijalankan. Selain itu, ada juga manajemen risiko yang berhubungan dengan profil pekerja di Kemenkeu.

Setelah seseorang memegang jabatan di Kementerian Keuangan, Sri Mulyani mengatakan, tidak bisa lagi menjadi manusia normal karena ada tanggung jawab dan amanah institusi yang harus dipegang.

"Anak buah kita melihat setiap hari bagaimana kita bersikap, memimpin dan membuat keputusan. Dari hal-hal kecil saja apa yang kita makan, bagaimana mereka spend weekend dengan keluarga, pakai tas apa, arlojinya merek apa. Itu semuanya dilihat," tuturnya.

"Kita tidak bisa menjadi manusia normal, karena setiap manusia juga memiliki privasi dan hal-hal yang dia inginkan namun kita tahu pada saat kita memegang amanah ini maka Anda memiliki tanggung jawab terhadap institusi yang akan dilihat oleh anak buah kita. Dan dengan demikian anda akan menjadi the real model dari anak buah kita," pungkasnya.


(fdl/fdl)