Uang di ATM Tak Keluar tapi Saldo Berkurang? Lakukan Hal Ini

Anisa Indraini - detikFinance
Senin, 13 Des 2021 05:50 WIB
Close-up of hand entering PIN/pass code for a money transfer, on a ATM/bank machine keypad outside
Foto: Getty Images/iStockphoto/PKpix
Jakarta -

Pernahkah kamu tarik tunai di ATM tetapi uangnya tidak keluar padahal saldo berkurang? Namanya juga sebuah mesin, pasti pernah ditemui masalah teknis semacam itu.

Seperti video viral baru-baru ini menunjukkan tiga nasabah sedang melakukan penarikan tunai namun uangnya tidak keluar, padahal saldo berkurang. Tidak dituliskan asal bank tersebut, tetapi terlihat dalam video bahwa mereka bertransaksi di ATM BCA.

"Tiga orang nasabah bank tarik tunai di ATM tapi uangnya tidak keluar, padahal saldo sudah kepotong. (Peristiwa terjadi) Jumat (10/12/21) 20.30 WIB. Lokasi ATM : AEON Mall JGC Jakarta Timur," bunyi keterangan video yang dibagikan akun @j**artas**na dikutip Minggu (12/12/2021).

Jika mengalami kendala seperti di atas, pihak BCA meminta agar nasabah melapor ke kantor cabang BCA terdekat dengan membawa bukti berupa foto mesin ATM dan nomor mesin yang digunakan saat bertransaksi.

"Nasabah dapat ke kantor cabang BCA terdekat agar dapat ditindaklanjuti salah satunya dengan membantu membongkar mesin ATM untuk mengecek apakah ada kendala teknisi pada mesin," kata Executive Vice President Secretariat & Corporate Communication BCA, Hera F. Haryn.

Nasabah yang mengalami kendala tersebut jangan panik karena uang dapat kembali jika benar ada kendala teknis pada mesin. Jika tidak mau repot, bisa juga tinggal hubungi contact center 1500888 atau melalui aplikasi halo BCA. Keluhan akan diproses dalam beberapa hari ke depan.

"Aplikasi halo BCA merupakan mobile apps yang dapat digunakan untuk menghubungi halo BCA melalui semua channel resmi yang dimiliki halo BCA, ada Call, Chat, Email dan Twitter," ujarnya.