Cara Mendapatkan Uang dari TikTok, Ada 5 Langkah

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Senin, 13 Des 2021 13:12 WIB
Tyumen, Russia - January 21, 2020: TikTok and Facebook application  on screen Apple iPhone XR
Ilustrasi Aplikasi TikTok
Jakarta -

Cara mendapatkan uang dari TikTok banyak dicari oleh netizen. Selain untuk berbagi konten video, ternyata kini aplikasi tersebut banyak dimanfaatkan sebagai salah satu cara mendapatkan uang dari TikTok.

Sebelumnya, influencer dan pakar di media sosial sekaligus Founder Digimaru dan Teknobie Michael Sugiharto membeberkan, ada 5 cara untuk memperoleh uang atau cuan dari platform TikTok. Berikut caranya:

1. TikTok Live

Michael menjelaskan, ada satu fitur di platform TikTok yang bisa menghasilkan uang untuk penggunanya, yakni TikTok live. Dengan fitur itu, pengguna yang melakukan siaran langsung atau live bisa memperoleh koin dari gift yang dikirim oleh penontonnya, dan ditukar ke diamond, lalu bisa dicairkan ke uang.

"Keuntungannya TikTok live, dia mirip Bigo Live. Itu Anda bisa kasih gift virtual, bisa kasih martabak virtual. Dan itu bisa ditukar koin, lalu koin itu bisa ditukar dengan diamond bagi si creator-nya. Nah diamond ini bisa diduitin (dicairkan). Nah ini menarik," jelas Michael kepada detikcom.

Namun, fitur ini hanya bisa digunakan oleh pengguna tertentu. Oleh sebab itu, fitur ini terbatas atau belum tentu bisa digunakan semua pengguna TikTok.

"Kayaknya untuk sementara ini, kalau belum 10.000 subscribers, Anda belum bisa TikTok live. Kalau baru mulai, itu Anda tidak dikasih fitur TikTok live. Dan juga kalau Anda bukan influencer atau undangan khusus, Anda tidak bisa live langsung," kata Michael.

2. Endorsement yang Beda dengan Instagram

Sama seperti Instagram, di TikTok juga ada endorsement yang bisa dilakukan penggunanya. Namun, untuk melakukan endorsement atas sebuah produk, pengguna harus lebih kreatif, dan tak melakukan kebiasaan yang sama seperti di Instagram.

"Di TikTok, endorse itu harus lebih kreatif menurut saya. Nggak bisa seperti di Instagram, itu kan hard sale banget, mengajak ayo pakai ini. Nah kalau di TikTok nggak seperti itu. Mesti lebih kreatif, lebih halus, seperti di Youtube. Jadi diselipkan sedikit atau bagaimana," ujarnya.

3. Berjualan Produk Sendiri

Cara mendapatkan uang dari TikTok kali ini sebenarnya tak jauh berbeda dengan cara memperoleh cuan dari media sosial lainnya, yakni berjualan produk sendiri. Namun, menurut Michael, untuk berjualan di TikTok tidak membutuhkan promosi yang serumit di Instagram atau media sosial lainnya. Misalnya saja di Instagram, untuk menjual produk maka foto atau video produknya harus bagus, dan tentunya tak mudah dibuat, begitu juga dengan Youtube.

Namun, membuat konten berjualan atas produk sendiri di TikTok lebih mudah. Misalnya, hanya membuat video sederhana menggunakan ponsel tentang demo menggunakan produk yang dijual. Atau, pengguna juga bisa berjualan produk dropship.

"Anda bisa jual produk sendiri. Menurut saya jual produk sendiri paling enak. Atau Anda bisa dropship. Ada banyak di TikTok, itu modelnya demo memakai produk, kemudian dia tunjuk-tunjuk username Shopee-nya, atau Tokopedia-nya. Nah itu kan bagus banget untuk berjualan secara tidak langsung. Lalu dia demo-demo, bisa tulis keterangan untuk beli di sini," imbuhnya.

4. Mengajak Orang Lain Mengunduh TikTok

Michael mengatakan, TikTok kini berafiliasi dengan sejumlah penggunanya untuk mengajak orang lain mengunduh platform tersebut melalui sebuah link. Jika orang yang diajak mengunduh TikTok dan menggunakan platform tersebut seterusnya, maka pengguna yang menyebarkan ajakan itu bisa mendapatkan uang.

"Jadi dia bikin afiliasi, ada link. Anda bisa cek di Teknobie/com/tiktok. Itu ada, kalau Anda klik di situ, ada afiliasi. Jadi pada saat orang download, lalu orang itu contoh sehari, dua hari, tiga hari berturut-turut, Anda bisa dapat uang. Itu sih nggak besar, kalau tidak salah Rp 10.000, tapi lumayan. Coba bayangkan kalau influencer, dan berhasil mengundang 1.000 orang, itu luar biasa," ujarnya.

5. Creator Fund

Michael mengatakan, cara terakhir ini masih dalam bentuk pengembangan oleh TikTok, yakni Creator Fund. Fitur tersebut akan mirip seperti Youtube, di mana content creator bisa mendapatkan uang dari iklan yang ada di video buatannya. Sayangnya, fitur itu belum tersedia di Indonesia.

"Kalau Anda content creator atau Youtuber pasti semangat. Jadi TikTok ini akan membuat something seperti 'Youtube'. Jadi kalau Anda bikin video, ada bagi hasil dengan iklan. Namanya Creator Fund. Cuma kayaknya ini baru dimulai di luar negeri, di Indonesia masih belum. Saya nggak tahu, tapi kalau itu jadi benar, pasti banyak creator yang semangat dan niat bikinnya," tutup Michael.

Demikian 5 cara mendapatkan uang dari TikTok. Buat kamu para Netizen yang nyambi-nyambi sebagai pengguna TikTok, semoga berhasil cari cuan ya!

(fdl/fdl)