Tips Kerja di Korsel: Gaji di Atas Rp 10 Juta dan Bisa Muterin Lokasi Drakor

Tim detikcom - detikFinance
Senin, 13 Des 2021 15:41 WIB
Sabrina Rahma Azalia di Korea Selatan
Foto: Sabrina Rahma Azalia
Jakarta -

Pernah bermimpi kerja di Korea Selatan (Korsel) yang terkenal dengan serial dramanya? Selain gajinya yang lumayan besar, kerja di Korsel juga memberi kita kesempatan untuk keliling lokasi-lokasi shooting drakor (Drama Korea).

Ternyata inilah yang dirasakan oleh Sabrina Rahma Azalia, gadis 29 tahun yang kini bekerja di sebuah perusahaan teknologi sebagai Global Media Partnership Manager. Sabrina memang sudah sejak tahun 2004 silam menyukai semua hal terkait Korea.

Saat itu, Sabrina sempat nekat minta disekolahkan ke Negeri Ginseng kepada kedua orang tuanya. Tapi namanya belum rezeki, permintaan itu ditolak.

"Mereka takut anaknya cuma mau main mungkin dan kepentok biaya karena mahal jadi harus cari beasiswa kalau mau pergi," kenang Sabrina soal awal kesukaannya pada Korea saat berbincang dengan HaiBunda.

Namun kini Sabrina sudah berkarir dengan mantap di Seoul, Korsel. Gaji yang didapatnya senilai lebih dari Rp 10 juta dengan beberapa benefit yang tidak terduga. Selain itu, Sabrina juga bisa mengeksplorasi beberapa lokasi syuting drakor kesayangan.

"Hal terbaik yang aku alamin adalah bisa eksplor Korea, mulai dari Seoul tempat aku tinggal, sampai ke beberapa kota lain kayak Paju, Suwon, sampai Pohang tempat syuting Hometown Chachacha bareng sama teman-teman baru," cerita Sabrina.

"Untuk pekerjaan, jujur aku bersyukur banget karena kantor aku cukup memanjakan karyawan dengan memberikan benefit di mana aku diperbolehkan untuk manage cuti dan ada budaya remote working."

Eits, tapi jangan cuma lihat bagian senangnya doang, karena bekerja di negeri rantau macam Sabrina membutuhkan mental baja dan skil komunikasi yang baik. Selain itu bersiaplah beradaptasi dengan perbedaan budaya dengan Indonesia.

Nah buat yang berniat kerja di luar negeri, Sabrina memberikan beberapa tipsnya nih. Selengkapnya klik di sini.



Simak Video "Detik-detik Peluncuran Roket Pertama Korsel ke Luar Angkasa"
[Gambas:Video 20detik]
(ang/ang)