Puan: Ibu Mega Saat Menjadi Presiden Selamatkan Ekonomi Indonesia

Siti Fatimah - detikFinance
Selasa, 14 Des 2021 23:12 WIB
Apa Itu BRIN? Megawati Kini Jadi Dewan Pengarah
Foto: dok. Megawati
Jakarta -

Ketua DPR Puan Maharani mengatakan, sang ibu yang juga Presiden ke-5 Indonesia Megawati Soekarnoputri memberikan peran besar dalam perekonomian Indonesia pasca krisis moneter 1997-1998. Hal itu disampaikan dalam acara CNBC Indonesia Awards 2021.

Dalam acara tersebut, Puan hadir secara virtual mewakili Megawati menerima penghargaan kategori Lifetime Achievement Award.

"Fakta-fakta bahwa Ibu Mega saat menjadi Presiden sudah berhasil menyelamatkan ekonomi Indonesia," kata Puan dikutip dari CNBC Indonesia, Selasa (14/12/2021).

Menurut Puan, Megawati saat itu mampu memangkas inflasi dari 13% menjadi 6% dan juga menekan angka kemiskinan dari 18% menjadi 16% hanya dalam kurun waktu 3 tahun kepemimpinannya. Puan mengatakan, saat itu perekonomian Indonesia sedang terpuruk setelah terjadinya krisis moneter (krismon).

"Dalam waktu yang singkat 3 tahun, Ibu Mega berhasil memangkas inflasi kita. Dalam waktu yang singkat 3 tahun, Ibu Mega berhasil menekan angka kemiskinan, meskipun ekonomi Indonesia saat itu masih dalam kondisi berat setelah adanya krisis moneter," ungkap Puan.

"Bahkan Bu Mega berhasil mendorong sehingga penerimaan pajak kita bisa surplus di saat ekonomi Indonesia masih berat. Pertumbuhan ekonomi Indonesia di masa Bu Mega menjadi Presiden juga meningkat pesat," sambung Puan.

Selengkapnya tentang capaian Megawati bisa dibaca di sini

(hns/hns)