Harta Hartono Bersaudara Naik Rp 54 T, Keluarga Widjaja Merosot Rp 31 T

Danang Sugianto - detikFinance
Rabu, 15 Des 2021 11:52 WIB
Kontingen Indonesia ke Asian Games 2018 diperkuat orang terkaya Tanah Air. Dia Michael Bambang Hartono, yang tampil di cabang olahraga bridge.
Michael Hartono/Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Majalah Forbes kembali merilis daftar orang terkaya Indonesia terbaru. Ada yang hartanya bertambah begitu besar, tapi ada juga yang merosot tajam.

Robert Budi dan Michael Hartono menjadi orang terkaya yang hartanya bertambah paling banyak dalam daftar tersebut. Kekayaan mereka naik US$ 3,8 miliar atau setara Rp 54,34 triliun (Rp 14.300) karena kenaikan saham BCA.

Menurut catatan Forbes, saat ini Harta Robert Budi dan Michael Hartono mencapai US$ 42,6 miliar atau setara dengan Rp 604,9 triliun.

Hartono bersaudara ini tercatat sudah 13 kali berturut-turut menjadi orang paling kaya di Indonesia. Mereka menduduki posisi itu sejak 2008.

Harta Keluarga Widjaja Turun

Sebaliknya, Keluarga Widjaja dari konglomerat Sinar Mas termasuk di antara tujuh dalam daftar yang mengalami penurunan kekayaan tahun ini.

Tapi penurunan kekayaan mereka yang terbesar yakni turun US$ 2,2 miliar atau setara Rp 31,46 triliun. Meski begitu Keluarga Widjaja masih berada dalam posisi kedua dengan total kekayaan bersih US$ 9,7 miliar atau setara dengan Rp 137 triliun.

Siapa saja orang terkaya Indonesia? Cek halaman berikutnya.

Tonton juga Video: Harta Elon Musk Kini Tembus Rp 4.000 Triliun!

[Gambas:Video 20detik]