ADVERTISEMENT

ShopeePay Bantu UMKM Denpasar & Sekitarnya Bangkit di Tengah Pandemi

Nada Zeitalini Arani - detikFinance
Rabu, 15 Des 2021 13:55 WIB
ShopeePay
Foto: ShopeePay
Jakarta -

Pandemi COVID-19 cukup memberi dampak buruk terhadap perekonomian Indonesia. Tak terkecuali pada usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang mengalami kemerosotan pendapatan.

Hampir seluruh UMKM di Indonesia merasakan dampak pandemi salah satunya Bali sebagai salah satu wilayah pergerakan ekonomi. Berdasarkan data dari Deputi Direktur Bank Indonesia Perwakilan Bali, S. Donny H. Heatubun, di masa pandemi sebanyak 2.600 atau 87,5% UMKM di Bali terdampak. Meskipun begitu, sekitar 12,5% atau sekitar 370 UMKM dari total UMKM di Bali masih tetap tangguh dan adaptif menghadapi pandemi.

Salah satu usaha lokal di Bali yang ikut merasakan dampak pandemi adalah Pie Susu Dhian. Sempat mengalami penurunan omzet sebesar 70%, UMKM asal Bali ini segera beradaptasi dan melakukan strategi untuk mempertahankan bisnisnya.

"12 tahun sudah Pie Susu Dhian hadir dan terus bertumbuh hingga kini dipercaya oleh masyarakat Indonesia sebagai pilihan oleh-oleh wajib saat berlibur ke Pulau Dewata Bali. Pandemi tentunya sempat memberikan pukulan bagi bisnis, namun kami berhasil bangkit. Berbagai upaya dilakukan agar selama pandemi penjualan tetap berjalan, seperti untuk menjamin keamanan transaksi pelanggan di outlet dan cabang, kami mengandalkan transaksi digital menggunakan QRIS dan tentunya adopsi pembayaran digital ShopeePay. Selain itu, kami juga memaksimalkan penjualan online melalui marketplace," ujar Manager Operasional Pie Susu Dhian, I Gede Sudiarta dalam keterangan tertulis, Selasa (14/12/2021).

Menanggapi situasi ini, dibutuhkan kolaborasi berbagai pihak guna mendorong pemulihan ekonomi lokal melalui adaptasi dan pemanfaatan teknologi digital. Organisasi Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Provinsi Bali ikut mendorong pertumbuhan UMKM di Bali di masa Pandemi ini.

"Di tengah kondisi saat ini, yang paling dibutuhkan pemilik usaha adalah dukungan dan kolaborasi dari berbagai pihak. HIPMI pun secara konsisten terus menghadirkan berbagai program untuk membantu pemilik usaha meningkatkan kualitas produk dan kemampuan beradaptasi, salah satunya terhadap teknologi digital. Kami berharap inisiatif serupa Semangat UMKM Lokal ini bisa membantu mendukung ekonomi lokal lewat dorongan pada pemilik usaha, khususnya UMKM di Bali," ujar Pengurus BPD HIPMI Bali, I Gusti Putu Bayu Susila.

ShopeePayShopeePay Foto: ShopeePay

Selain itu, kolaborasi menarik dalam mendukung pertumbuhan UMKM juga dilakukan oleh layanan pembayaran digital ShopeePay melalui program Semangat UMKM Lokal yang diadakan di Kota Denpasar dan sekitarnya. Melalui program ini, ShopeePay mempertegas langkahnya membantu meningkatkan visibilitas UMKM lokal menjangkau lebih banyak konsumen dengan promo Cashback 60% ShopeePay yang diberikan di 14 sentra UMKM favorit di Denpasar dan sekitarnya.

"Program Semangat UMKM Lokal sudah kami hadirkan sejak awal 2021 di sembilan kota di Indonesia, tersebar di ratusan merchant sebagai upaya menghadirkan solusi hulu ke hilir bagi para pelaku UMKM di seluruh Indonesia. Di penghujung 2021, kami hadir di Denpasar dan sekitarnya untuk memfasilitasi masyarakat bertransaksi dengan mudah, aman, dan memuaskan di seluruh gerai pemilik usaha agar roda usaha dan ekonomi mereka dapat kembali bergerak. Kami berharap teknologi serta promo cashback spesial 60% yang kami hadirkan di berbagai sentra UMKM di Denpasar dan sekitarnya dapat berkontribusi nyata bagi pertumbuhan ekonomi lokal," tutur Head of Strategic Merchant Acquisition ShopeePay, Eka Nilam Dari.

Melalui program Semangat UMKM Lokal ini, ShopeePay berupaya merangkul lebih banyak UMKM lokal di Denpasar dan seluruh Indonesia untuk bertransformasi menggunakan pembayaran digital yang lebih mudah dan aman. Selain menghadirkan promo cashback, ShopeePay juga menyiapkan laman khusus ShopeePay Semangat UMKM Lokal di aplikasi Shopee. Tujuannya adalah untuk memberikan visibilitas yang lebih besar bagi pelaku UMKM.

Selama program Semangat UMKM Lokal berjalan, turut diperkenalkan juga aplikasi Mitra Shopee sebagai layanan yang dapat membantu para pemilik warung tradisional di Denpasar dan kota lainnya untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari penjualan produk pulsa, paket data, token PLN, voucher game, dan produk digital lainnya.

Kolaborasi UMKM bersama ShopeePay melalui program Semangat UMKM Lokal menjadi upaya mendorong pertumbuhan lewat digitalisasi. Ini bisa jadi strategi UMKM mempertahankan bisnis lokal di tengah pandemi COVID-19.



Simak Video "Resmikan Kampus Khusus UMKM, Gibran: Agar Solo Naik Kelas"
[Gambas:Video 20detik]
(ega/ara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT