Ada Merah Putih Fund buat Danai Soonicorn, Apa Itu?

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Rabu, 15 Des 2021 19:45 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir
Foto: Tangkapan Layar (Foto: YouTube Channel Setpres)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini meresmikan dimulainya Gerakan Akselerasi Generasi Digital. Jokowi bicara soal Merah Putih Fund untuk mendanai perusahaan rintisan (startup) unicorn.

"Dengan mengucap Bismillahirrohmanirrohim, Gerakan Akselerasi Generasi Digital pada pagi hari ini, saya nyatakan dimulai dan dibuka," ujar Jokowi disiarkan melalui kanal YouTube Kementerian BUMN, Rabu (15/12/2021).

Jokowi mengapresiasi Erick Thohir yang menggagas Gerakan Akselerasi Genarasi Digital. Dengan adanya gerakan ini diharapkan bisa melahirkan lebih banyak perusahaan rintisan (startup) unicorn.

"Saya sangat menghargai apa yang telah digagas oleh Menteri BUMN Pak Erick Thohir dalam menyiapkan sebuah pendanaan Merah Putih Fund, yang ini nanti akan memberikan suntikan kepada soonicorn-soonicorn agar bisa melompat ke level yang lebih tinggi," ucap Jokowi.

Menteri BUMN Erick Thohir dalam kesempatan yang sama mengatakan Merah Putih Fund untuk fokus pada pendanaan calon unicorn atau soonicorn.

"Kalau dari BUMN kita membuat Merah Putih Fund. Merah Putih Fund ini kita akan fokus kepada soonicorn, calon unicorn. Dan kita juga berharap semua swasta masuk ke sistem pendanaan ini. Karena kita sudah mengajak sovereign wealth fund (SWF) Indonesia, INA untuk masuk yang lebih besar untuk unicorn menuju decacorn," tuturnya.

Simak video 'Demi Dorong IPO Unicorn di Indonesia, OJK Menerbitkan Aturan SHSM':

[Gambas:Video 20detik]



Berlanjut ke halaman berikutnya.