Cerita Jokowi Dibisiki Mark Zuckerberg soal Metaverse

Aulia Damayanti - detikFinance
Rabu, 15 Des 2021 20:45 WIB
fotoinet pertemuan presiden jokowi dan mark zuckerberg tahun 2016
Foto: detikcom/Ikhwanul Khabibi
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bercerita mendapat bisikan soal metaverse dari Bos Facebook (Meta), Mark Zuckerberg sejak 2016. Hal itu saat Jokowi bertemu Zuckerberg dan sembari bermain pingpong pakai oculus.

Menurut Jokowi itu Zuckerberg memberitahunya kalau 10-15 tahun lagi semua akan serba virtual, mulai dari membeli lahan, berbisnis hingga berwisata.

"Saya ingat pada 2016 waktu bertemu Mark Zuckerberg di Amerika, saya diajak main pingpong pakai oculus, 'Presiden Jokowi 10-15 tahun lagi akan muncul seperti kita main ping-pong ini. Setiap orang bisa beli lahan virtual, bangun bisnis vitalnya sendiri, dan juga akan ada mal virtual, gym virtual, kantor virtual, wisata virtual. Saya waktu i belum bisa membayangkan seperti apa itu," ungkap Jokowi dalam pembukaan Akselerasi Generasi Digital, dikutip dari YouTube Kementerian BUMN, Rabu (15/12/2021).

Menurutnya, saat ini kemajuan digitalisasi di dunia tidak dapat dicegah. Bahkan, perusahaan di dunia sedang berlomba-lomba untuk membangun metaverse.Untuk itulah Jokowi mendorong digitalisasi masyarakat.

"Sehingga perlu disiapkan strategi negara kita, agar kita tertinggal jauh oleh negara-negara lain. Saya sampaikan kepada Menteri BUMN dan pada yang lain. Waktu kita tidak banyak untuk mengejar itu. Negara ini akan maju jika kita melompat. Waktunya hanya 2 tahun, menyiapkan talenta digital dalam jumlah yang besar," tuturnya.

Jokowi juga sudah meminta Kementerian Komunikasi dan Informatika agar membangun dan mempercepat pembangunan infrastruktur digital untuk mengejar percepatan digitalisasi yang pesat di negara lain.

"Kita kejar, begitu tidak bisa melangkah dan mengejar itu, kita akan semakin jauh. Padahal kesempatan dan peluang opportunity itu ada, ekonomi digital kita tumbuh kalau infrastruktur siap, talenta digital ada, pemerintah digital siap, regulasi digital siap," ungkapnya.

Lihat juga video 'Jokowi: Kepercayaan Publik, Kunci Agar Pemerintahan Efektif:

[Gambas:Video 20detik]



Berlanjut ke halaman berikutnya, Masih ada informasi menarik dari Jokowi. Langsung klik