Libur Nataru, 2,5 Juta Orang RI Diprediksi Nyeberang Naik Ferry

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Kamis, 16 Des 2021 11:27 WIB
Penumpang kapal Ferry dari Gilimanuk ke Ketapang naik signifikan jelang masa larangan mudik. Jika dibandingkan tahun lalu pada periode yang sama, peningkatan jumlah pemudik mencapai 375 Persen.
Foto: Ardian Fanani/detikcom
Jakarta -

PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) memprediksi akan ada 2,57 juta orang yang melakukan penyeberangan antar pulau. Jutaan orang ini akan menyeberang di 12 lintasan penyeberangan yang dikelola ASDP.

Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Ira Puspadewi total prediksi penumpang di periode Nataru ini mencapai naik 29% dibandingkan jumlah total penumpang pada periode yang sama tahun lalu yang hanya sebanyak 1,99 juta orang.

Ira mengatakan periode Nataru ini memang tidak ada penyekatan yang dilakukan, namun pengetatan perjalanan dan disiplin protokol kesehatan harus tetap dilakukan.

"Kami berkomitmen untuk tetap menghadirkan layanan penyeberangan prima kepada seluruh pengguna jasa. Periode Nataru ini tidak ada penyekatan namun lebih kepada pengetatan perjalanan. Namun ASDP memastikan kapasitas kapal dan fasilitas bagi publik memadai selama periode layanan Nataru ini," tutur Ira dalam keterangannya, Kamis (16/12/2021).

Selain jumlah penumpang orang, kenaikan jumlah kendaraan yang melakukan penyeberangan juga diprediksi terjadi. Untuk roda dua akan ada sebanyak 154.512 unit atau naik 14% dibanding jumlah pada periode yang sama tahun lalu sebanyak 135.533 unit.

Sementara itu, untuk kendaraan roda 4 sebanyak 484.096 unit atau naik 15,4% dibandingkan jumlah tahun lalu sebanyak 419.639 unit.

"Fokus dan prioritas kami mengatur layanan sebaik-baiknya agar tidak terjadi antrian kendaraan, penumpukan penumpang, serta penerapan protokol kesehatan seluruh penumpang ferry," ujar Ira.

Adapun 12 lintasan penyeberangan yang dipersiapkan ASDP untuk musim libur Nataru ini adalah Merak - Bakauheni, Bakauheni - Merak, Ketapang - Gilimanuk, Lembar - Padangbai, Kayangan - Pototano, Hunimua - Waipirit, Tanjung Kelian - Tanjung Api-api, Bitung - Ternate, Bastiong - Bitung, Telaga Punggur - Tanjung Uban, Kupang - Rote, dan Ajibata - Ambarita.



Simak Video "Detik-detik Dua Kapal di Selat Bali Tabrakan"
[Gambas:Video 20detik]
(hal/zlf)