Kontrak Ekspor UMKM di BRILIANPRENEUR 2021 Capai US$ 72,13 Juta

Angga Laraspati - detikFinance
Kamis, 16 Des 2021 20:21 WIB
BRI
Foto: Screenshoot/BRI
Jakarta -

Rangkaian UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2021 telah resmi ditutup. Dalam rangkaian ini beberapa transaksi tercatat mulai dari penjualan UMKM di e-Commerce hingga business matching yang mendatangkan 110 buyers.

Direktur Bisnis Kecil dan Menengah Bank BRI Amam Sukriyanto mengatakan acara yang digelar Bank BRI tersebut mendapatkan animo besar dari masyarakat. Sejak dilakukan pembukaan pada 9 Desember yang lalu, website www.brilianpreneur.com telah dikunjungi oleh 300 ribu viewers.

Selain itu, Amam melanjutkan pada kegiatan business matching, BRILIANPRENEUR sukses meningkatkan jumlahnya yang naik dibanding tahun sebelumnya. Pada tahun lalu, BRILIANPRENEUR berhasil mendatangkan 99 buyers dengan total kontrak pembelian barang US$ 57,5 juta.

Pada tahun ini, dari 105 buyers yang ditargetkan, kegiatan ini bisa mengundang 110 buyers. Sedangkan dari 30 negara sasaran, BRILIANPRENEUR bisa mendatangkan 31 negara.

"Dan dari US$ 65 juta deal, kami bisa mendapatkan deal sampai angkanya US$ 72,13 juta selama masa 3 hari business matching. Tentunya ini pencapaian yang luar biasa dari kawan-kawan UMKM," kata Amam dalam kegiatan Closing Ceremony UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2021 secara virtual, Kamis (16/12/2021).

Menurut Amam, apa yang dicapai tersebut menjadi sesuatu hal luar biasa yang menunjukkan minat kepada produk Indonesia masih tinggi di pasar global. Selain itu, capaian tersebut menunjukan kemampuan UMKM Indonesia untuk memproduksi barang sesuai minat pasar global meningkat dari tahun ke tahun.

Lebih lanjut, Amam menuturkan UMKM yang sudah melakukan EXPO di BRILIANPRENEUR 2021 juga dapat melakukan deal secara e-commerce. Amam pun membeberkan ada peningkatan deal yang terjadi pada kegiatan BRILIANPRENEUR 2021 dibandingkan tahun lalu.

Pada kegiatan BRILIANPRENEUR di tahun lalu, transaksi deal UMKM di e-Commerce selama periode BRILIANPRENEUR dilakukan hanya mendapatkan Rp 3,1 M.

"Ini sampai tanggal 15 Desember sejak tanggal 9 Desember kemarin sudah menghasilkan Rp 8,1 M transaksi," imbuh Amam.

Amam juga mengkonfirmasi gelaran UMKM EXPO e-Commerce tidak berhenti sampai tanggal 16 Desember saja tetapi akan dilanjutkan hingga 31 Desember. Amam pun menuturkan pihaknya optimis bisa mencapai deal di e-Commerce mencapai Rp 10 M.

Dalam gelaran ini, ada juga kegiatan lelang hasil kolaborasi UMKM dengan desainer Indonesia yang telah dilaksanakan pada tanggal 1-15 Desember 2021. Kegiatan tersebut merupakan salah satu bentuk pendampingan BRI kepada UMKM melalui inovasi.

"Produk UMKM hasil kolaborasi dengan desainer telah menghasilkan 10 produk special edition yang berkualitas. Produk UMKM tersebut mewakili kategori fashion dan home decor.

Di sisi lain, Amam mengatakan rangkaian BRILIANPRENEUR 2021 kali ini diselenggarakan secara virtual yang dibalut dengan konten digital yang menarik dan edukatif. Selain event yang sudah ekses seperti pada event tahun lalu, rangkaian kali ini menghadirkan beberapa konten baru.

"Konten baru tersebut antara lain Virtual Expo yang disajikan secara 3D, kemudian inspiration talk, ada juga virtual trip nusantara sebagai bagian dari upaya kami mensupport pariwisata Indonesia. Kemudian ada juga lelang produk kolaborasi dengan desainer, workshop, live shopping, dan bazar online," jelas Amam.

Pada kegiatan ini, BRI juga memberikan UMKM Award kepada UMKM yang menorehkan capaian luar biasa selama gelaran BRILIANPREUER 2021. Ke depan, BRI tetap akan menyelenggarakan acara yang sama dengan menargetkan lebih banyak UMKM lokal dan lebih banyak potential buyers dari luar negeri.

(akn/hns)