Terpopuler Sepekan

Jokowi Tolak Asing Paksa RI Tandatangani Perjanjian Ini

Trio Hamdani - detikFinance
Sabtu, 18 Des 2021 13:15 WIB
Presiden Jokowi
Foto: Presiden Jokowi (Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Indonesia dalam gelaran G20 di Glasgow lalu dipaksa menandatangani perjanjian supply chain oleh negara lain. Presiden Joko Widodo (Jokowi) tegas menindak menandatangani perjanjian tersebut yang berhubungan dengan kekayaan sumber daya alam Indonesia

Hal itu diungkapkan oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir saat menyampaikan Orasi Ilmiah bertajuk 'Peranan BUMN dalam Hilirisasi Hasil-hasil Inovasi Teknologi' di Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Sabtu 11 Desember 2021 pekan lalu.

"Kemarin semua negara karena tahu Indonesia ini kaya sumber daya alam, di G20 kita dipaksa menandatangani supply chain agreement. Terima kasih kepada Bapak Presiden beliau menolak, dan kami menteri-menteri pun mendukung untuk menolak," ujar Erick.

Dia menjelaskan saat ini sudah bukan masanya lagi Indonesia melepaskan kekayaan sumber daya alamnya kepada asing. Menurutnya, sumber daya alam yang melimpah ini harus digunakan untuk pertumbuhan Indonesia.

"Ini bukan era-nya lagi kita melepas sumber daya alam kita di pakai untuk pertumbuhan ekonomi bangsa lain. Sudah waktunya sumber daya alam kita harus dipakai untuk pertumbuhan bangsa kita," ujarnya.