ADVERTISEMENT

Bisnis Travel Umrah Layu Sebelum Berkembang Gara-gara Omicron

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Minggu, 19 Des 2021 07:27 WIB
Saat ini pemerintah Arab Saudi telah membuka kembali untuk umroh dan haji di jamaah negara internasional. Tetapi tidak semua negara bisa masuk karena alasan tertentu dan jenis vaksin yang tidak diakui oleh Saudi Arabia. Lalu bagaimana nasib  para jamaah umroh dan haji Indonesia?
Foto: Getty Images
Jakarta -

Pemberangkatan ibadah umrah kembali ditunda hingga tahun depan. Hal ini karena pemerintah mengimbau untuk mewaspadai penyebaran varian baru COVID-19 Omicron.

Padahal, umrah baru saja akan dilakukan pada bulan ini. Bisnis travel umrah pun seolah layu sebelum berkembang saat dihadapkan dengan Omicron.

Kondisi ini tentu mempengaruhi rencana perjalanan umrah yang sudah disusun sebelumnya. Bahkan asosiasi menyebut jika hal ini bisa mengganggu rencana perjalanan untuk jemaah pada tahun depan.

Sekretaris Jenderal Dewan Pengurus Pusat Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (DPP) Amphuri Farid Aljawi mengungkapkan imbauan yang diberikan pemerintah ini sangat tiba-tiba.

"Sebenarnya keberangkatan itu sudah direncanakan sejak tanggal 12. Tapi karena belum siap, jadi mundur ke tanggal 23. Nah imbauan ini terjadi tiba-tiba. Kita ikuti sesuai arahan pemerintah," kata Farid kepada detikcom.

Farid menyebutkan, meskipun mengikuti arahan pemerintah. Asosiasi tetap meminta kejelasan terkait pemberangkatan.

Nah pemerintah menyebut, perjalanan ini bisa dilakukan di atas tanggal 2 Januari tahun depan.

Farid menyebutkan, imbauan ini seharusnya berlaku untuk seluruh penerbangan ke luar negeri. Tak cuma untuk pemberangkatan umrah. Dia juga mengungkapkan masyarakat yang menjadi peserta jemaah umrah sudah memenuhi persyaratan yang ditetapkan.

Dia menambahkan, sebenarnya pemberangkatan di tanggal 23 ini bukanlah untuk jemaah, melainkan penyelenggara untuk melihat dan memastikan kesiapan di Arab.

"Memang untuk penerbangan perdana bagi jemaah itu Januari, tapi dengan adanya pembatalan ini ya untuk masyarakat juga mundur kira kira di pertengahan Januari," jelas dia.

Simak Video: Pemerintah Tunda Keberangkatan Umrah karena Varian Omicron

[Gambas:Video 20detik]



(kil/zlf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT