Ada Lowongan Jadi Astronot, Syaratnya Gampang!

Trio Hamdani - detikFinance
Selasa, 21 Des 2021 10:04 WIB
Seorang pria berpakaian astronot terlihat di sejumlah ruang publik. Ternyata ia tengah melakukan bagian dari kampanye untuk mempromosikan Pameran Luar Angkasa NASA, di Istanbul, Turki, Sabtu, 4 Desember 2021. (AP Photo/Emrah Gurel)
Ilustrasi Astronot
Jakarta -

Di Jepang kini orang biasa berkesempatan untuk menjadi astronot. Mereka yang ingin memotret bintang dengan Badan Eksplorasi Luar Angkasa Jepang (Japan Aerospace Exploration Agency/JAXA) dan melamar program astronot tidak lagi harus menjadi ilmuwan roket atau yang setara dengannya.

Untuk pertama kalinya di badan antariksa pemerintah di dunia, JAXA telah membatalkan persyaratan akademik untuk astronot. Demikian disadur detikcom dari The Asahi Shimbun, Selasa (21/12/2021).

Dengan tidak lagi mengharuskan calon astronot memiliki latar belakang pendidikan dan pengalaman kerja di bidang yang terkait dengan ilmiah, JAXA berharap dapat mempekerjakan lebih banyak kru yang beragam untuk misi eksplorasi bulan berawak di masa depan.

JAXA pada 19 November lalu merilis daftar kualifikasi yang dibutuhkan untuk pelamar dalam perekrutan astronot pertamanya dalam 13 tahun. Pelamar harus mampu bekerja dalam tim internasional dan menunjukkan kepemimpinan, dengan tujuan bergabung dengan misi masa depan untuk program eksplorasi bulan berawak yang dipimpin AS di mana Jepang juga akan ambil bagian.

Kualifikasi yang dibutuhkan juga mencakup kemampuan untuk berpikir fleksibel dan mengambil tindakan yang tepat untuk bertahan dalam situasi ekstrim. Pelonggaran persyaratan yang signifikan bagi astronot mencerminkan perubahan radikal yang diharapkan dalam lingkungan kerja mereka.

Setidaknya butuh beberapa hari bagi astronot dalam misi eksplorasi bulan untuk kembali ke Bumi, dan waktu komunikasi antara bulan dan Bumi terbilang lambat.

Oleh karena itu, JAXA berusaha untuk mempekerjakan mereka yang dapat melatih disiplin diri, membuat penilaian yang baik dan bertindak sesuai dengan kondisi yang sangat keras seperti itu, baik secara fisik maupun mental.

Lanjut halaman berikutnya.

Simak juga Video: Indonesia Harus Rogoh Kocek Rp 800 M Jika Ingin Terbangkan Astronaut

[Gambas:Video 20detik]