Ada Lowongan Jadi Astronot, Syaratnya Gampang!

Trio Hamdani - detikFinance
Selasa, 21 Des 2021 10:04 WIB
Seorang pria berpakaian astronot terlihat di sejumlah ruang publik. Ternyata ia tengah melakukan bagian dari kampanye untuk mempromosikan Pameran Luar Angkasa NASA, di Istanbul, Turki, Sabtu, 4 Desember 2021. (AP Photo/Emrah Gurel)
Ilustrasi Astronot

Dalam perekrutan astronot baru yang akan datang, JAXA tidak lagi mengharuskan pelamar memiliki gelar sarjana di bidang sains, memiliki berat badan dalam kisaran tertentu, dapat berenang dan berkomunikasi secara bebas dalam bahasa Inggris karena kemampuan tersebut dapat dievaluasi selama proses penyaringan atau diperoleh dalam pelatihan.

Tetapi pelamar masih diharuskan memiliki pengalaman kerja tiga tahun atau lebih, tinggi antara 149,5 sentimeter dan 190,5 cm, memiliki penglihatan yang diperbaiki setidaknya 1,0 untuk kedua mata dan memiliki penglihatan dan pendengaran warna yang normal.

JAXA akan menerima surat lamaran kerja dari 20 Desember hingga 4 Maret. Pelamar juga akan dievaluasi untuk keterampilan mereka dalam berbagi pengalaman dan pencapaian mereka dengan orang lain selama empat putaran ujian dan penyaringan.

JAXA hanya akan memilih beberapa calon astronot sekitar Februari 2023. Badan tersebut mengatakan pihaknya berencana merekrut astronot setiap lima tahun setelah itu.


(toy/fdl)