ADVERTISEMENT

Kirim Kargo ke Pekanbaru Bisa Lewat Bandara Kertajati

Bima Bagaskara - detikFinance
Selasa, 21 Des 2021 13:31 WIB
Asia cargo airlines layani rute kargo Kertajati-Pekanbaru
Foto: Bima Bagaskara/detikcom
Majalengka -

Asia Cargo Airlines menerbangkan pesawat kargo perdana dari Bandara Kertajati atau Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Majalengka. Penerbangan perdana ini menambah layanan kargo yang ada di BIJB.

Dihadiri Ketua MPR Bambang Soesatyo, CEO Group Asia Cargo Airlines Marco Isaak dan Dirut BIJB Muhammad Singgih, penerbangan perdana ini membawa 12 ton logistik yang diberangkatkan dari Bandara Kertajati menuju Bandara Syarif Kasim 2 Pekanbaru Riau.

"Hari ini merupakan langkah awal daripada kegiatan Bandara Kertajati dengan penerbangan perdana dari BIJB ke Pekanbaru yang akan berlangsung secara terus menerus," kata Ketua MPR Bambang Soesatyo.

Bamsoet mengharapkan dengan adanya penerbangan perdana pesawat kargo di Bandara Kertajati ini diharapkan dapat memberikan dampak positif terhadap kebangkitan ekonomi masyarakat di Majalengka dan Jawa Barat.

Ia yakin ke depannya, Bandara Kertajati ini bisa kembali ramai setelah 2 tahun mati suri akibat dampak pandemi COVID-19.

"Harapannya bisa memberikan dampak ekonomi yang baik di Majalengka dan Jawa Barat. Jadi 2 tahun mati suri kemarin, sekarang harus ditebus dengan kerja keras," ucapnya.

Di tempat yang sama, CEO Group Asia Cargo Airlines Marco Isaak ada beberapa tantangan yang harus dihadapi dalam melakukan penerbangan logistik melalui bandara yang diresmikan pada Mei 2018 itu.

Yang pertama adalah lokasi yang lebih jauh dibanding Bandara Soekarno-Hatta dan Halim Perdanakusuma yang membuat penerbangan dari dan menuju Bandara Kertajati akan memakan biaya lebih.

Kemudian jam operasional bandara yang masih terbatas, fasilitas gudang kargo yang belum sepenuhnya beroperasi dan jarak tempuh transportasi logistik darat yang lebih panjang.

"Namun Asia Cargo Airlines akan berusaha untuk menghadapi tantangan tersebut demi memajukan operasi kargo di BIJB Kertajati dan menjadikannya pusat logistik di Indonesia," ujar Marco dalam sambutannya.

Bersambung ke halaman berikutnya. Langsung klik

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT