Terminal 1A-2F Aktif Lagi, Begini Skema Baru Penerbangan di Soetta

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Rabu, 22 Des 2021 16:31 WIB
Bandara Soekarno-Hatta raih penghargaan dari dunia internasional Skytrax World Airport Awards 2021 sebagai peringkat 10 kategori Worlds Best Staff Airport 2021
Foto: Getty Images/Ed Wray
Jakarta -

Terminal 1A dan 2F di Bandara Soekarno-Hatta kembali diaktifkan jelang masa angkutan liburan Natal dan Tahun Baru. Terminal 1A diaktifkan untuk melayani penerbangan domestik secara bertahap.

Pada tahap awal saat ini Terminal 1A sudah melayani kedatangan sejumlah rute penerbangan domestik dari NAM Air dan Sriwijaya Air. Sementara untuk keberangkatan rute penerbangan domestik NAM Air dan Sriwijaya Air dilakukan di Terminal 2D.

Tahap berikutnya, Terminal 1A bakal melayani kedatangan sejumlah rute penerbangan Airfast, Super Air Jet dan AirAsia Indonesia. Kemudian, tahap selanjutnya Terminal 1A akan melayani keberangkatan dan kedatangan penerbangan domestik.

Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta Agus Haryadi mengatakan persiapan sudah dilakukan sehingga Terminal 1A bisa diaktifkan dengan baik.

"Kami mengimbau kepada maskapai untuk secara aktif menginformasikan terminal keberangkatan dan kedatangan kepada para penumpang pesawat. AP II juga akan secara aktif menginformasikan terminal keberangkatan dan kedatangan melalui berbagai saluran media," ujar Agus Haryadi dalam keterangannya, Rabu (22/12/2021).

Sementara itu, untuk terminal 2F kembali aktif melayani kedatangan seluruh penerbangan rute internasional Malindo Air yakni Kuala Lumpur-Jakarta. Seluruh keberangkatan penerbangan Malindo Air rute Jakarta-Kuala Lumpur tetap dilakukan di Terminal 3.

"Secara bertahap, Terminal 2F juga akan melayani penerbangan internasional maskapai lainnya," ujar Agus Haryadi.

Agus Haryadi menjelaskan pembukaan Terminal 1A dan 2F ini memperhatikan kesiapan berbagai stakeholder. Dia bilang dengan dua terminal tambahan ini beroperasi monitoring dan penerapan protokol kesehatan bisa dilakukan dengan baik.

"Sejalan dengan dibukanya kembali Terminal 1A dan 2F, maka Bandara Soekarno-Hatta saat ini beroperasi dengan Terminal 1A, Terminal 2D, 2E, 2F, serta Terminal 3. Ini memberikan ruang lebih untuk memastikan monitoring dan penerapan protokol kesehatan seperti physical distancing dapat dilakukan dengan baik," jelas Agus Haryadi.

Berikut ini skema penggunaan terminal kedatangan dan keberangkatan di Bandara Soetta selengkapnya:
- Terminal 1A: Kedatangan sejumlah rute penerbangan domestik NAM Air dan Sriwijaya Air
- Terminal 2D: Keberangkatan NAM Air, Sriwijaya, dan Lion Air Air. Sekaligus kedatangan Lion Air, Airfast, Super Air Jet, AirAsia Indonesia
- Terminal 2E: Keberangkatan dan Kedatangan Batik Air
- Terminal 2F: Kedatangan Internasional Malindo Air
- Terminal 3: Keberangkatan dan Kedatangan Domestik/Internasional Garuda Indonesia, Citilink, AirAsia Indonesia. Sekaligus keberangkatan dan kedatangan internasional maskapai asing.



Simak Video "Momen WN Timteng yang Siram Istri Siri Air Keras Diciduk di Soetta"
[Gambas:Video 20detik]
(hal/zlf)