Penerimaan Pajak Tembus Rp 1.192 T, Rekening Negara Mulai 'Gendut' Nih

Aulia Damayanti - detikFinance
Kamis, 23 Des 2021 19:30 WIB
Petugas Cash Center BNI menyusun tumpukan uang rupiah untuk didistribusikan ke berbagai bank di seluruh Indonesia dalam memenuhi kebutuhan uang tunai jelang Natal dan Tahun Baru. Kepala Kantor perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Papua mengungkapkan jumlah transaksi penarikan uang tunai sudah mulai meningkat dibanding bulan sebelumnya yang bisa mencapai penarikan sekitar Rp1 triliun. Sedangkan untuk Natal dan tahun baru ini secara khusus mereka menyiapkan Rp3 triliun walaupun sempat diprediksi kebutuhannya menyentuh sekitar Rp3,5 triliun. (FOTO: Rachman Haryanto/detikcom)
Foto: Rachman Haryanto
Jakarta -

Direktorat Jenderal Pajak (DJP) mencatat Kantor Pelayanan Pajak (KPP) dan Kantor Wilayah (Kanwil) yang mencapai target penerimaan pajak lebih dari 100%.

Hingga 21 Desember 2021, DJP melaporkan realisasi penerimaan pajak mencapai Rp 1.192,36 triliun atau sebesar 96,97% dari target APBN 2021. Dengan catatan itu DJP menyebut terus berupaya memenuhi target penerimaan negara melalui seluruh instansi vertikal yang dimiliki.

"Kami mengharapkan dukungan dari seluruh komponen masyarakat agar Direktorat Jenderal Pajak dapat mencapai target penerimaan pajak nasional sesuai yang telah ditetapkan," kata Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat Direktorat Jenderal Pajak, Neilmaldrin Noor dalam keterangan pers, Kamis (23/12/2021).

Ada tiga kantor wilayah (Kanwil) telah berhasil mencapai target penerimaan pajak sebesar lebih dari 100% dari target yang telah ditetapkan per 21 Desember 2021, yaitu:

1. Kantor Wilayah DJP Jakarta Selatan I;
2. Kantor Wilayah DJP Jakarta Khusus; dan
3. Kantor Wilayah DJP Wajib Pajak Besar.

Selain itu, sebanyak 93 Kantor Pelayanan Pajak (KPP) di seluruh wilayah Indonesia telah berhasil mencapai target penerimaan pajak lebih dari 100% dari target yang telah ditetapkan pada masing-masing KPP.

(fdl/fdl)