Dorong Ekonomi Kreatif Lokal, Ganjar: Semoga Startup Bisa Tumbuh

Aulia Damayanti - detikFinance
Jumat, 24 Des 2021 18:46 WIB
Hetero Space
Foto: Dok. Istimewa
Jakarta -

Ajang kompetisi perusahaan rintisan baru (start-up) Hetero for Start-up Season 2 kembali digelar di Surakarta, Jawa Tengah. Gelaran HFS ini bertepatan dengan peresmian Hetero Space Solo yang menjadi wadah pemberdayaan UMKM di Jawa Tengah.

Peresmian Hetero Space Solo di Jalan Urip Sumoharjo, Surakarta ini dihadiri Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang juga inisiator Hetero for Start-up, Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka, dan Kepala Dinas Koperasi & UMKM Jateng Ema Rachmawati.

Pada acara peresmian, Ganjar berbincang dengan para peserta bootcamp Hetero for Start-up Season 2. Berbeda dengan kompetisi wirausaha tersebut pada season 1, ajang edisi kali ini turut menjaring peserta dari berbagai daerah di Indonesia. Bahkan ada peserta yang berasal dari Papua hingga Aceh.

Saat meresmikan Hetero Space, Ganjar Pranowo meminta agar kalangan muda memanfaatkan tempat ini untuk mengembangkan kreativitas para wirausaha UMKM muda di Jateng.

"Harapan saya ini jadi hub untuk creative hub (wadah kreativitas) berikutnya, karena di Solo itu sudah banyak banget. Mas Gibran sudah buat banyak. Nah, sekarang Hetero Space yang ada di sini kami harapkan bisa menambah nuansa itu," kata Ganjar Pranowo, dikutip Jumat (24/12/2021).

"Kalau bahasanya Mas Gibran tadi wajib (dimanfaatkan) karena banyak anak kreatif yang ada di Solo ini bisa membuat tendangan-tendangan yang luar biasa. Nah, tugas saya, tugas Mas Gibran memfasilitasi. Sudah kami lakukan maka tinggal memanfaatkan," tambah Ganjar.

Menurut dia, Hetero Space juga bisa dimanfaatkan sebagai sarana untuk berkolaborasi antarwirausaha, berdiskusi dan mendapat dukungan dari beberapa pihak.

"Termasuk mencoba mencari akses permodalan, pendampingan-pendampingan yang kami siapkan dari pemerintah. Harapannya muncul enterpreneur baru, yang muda-muda, jadi startup-nya bisa tumbuh," kata Ganjar Pranowo.