ADVERTISEMENT

Bandara Halim Perdanakusuma Ditutup 1 Januari 2022, Ini Sejarahnya

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Sabtu, 25 Des 2021 16:00 WIB
bandara halim
Bandara Halim Perdanakusuma
Jakarta -

Bandara Halim Perdanakusuma akan ditutup pada 1 Januari 2022. Penutupan Bandara Halim Perdanakusuma dilakukan untuk revitalisasi.

"Bahwa Bandara Halim akan ditutup mulai tanggal 1 Januari ini adalah perintah Bapak Presiden," kata Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU), Marsekal TNI Fadjar Prasetyo saat acara Press Tour and Media Gathering di Gedung Ardhya Loka, Kompleks Halim Perdanakusuma, Cililitan, Jaktim, Rabu (22/12/2021).

Revitalisasi meliputi perbaikan landas pacu (runway) yang kurang baik. Presiden Joko Widodo (Jokowi) disebut merasakan landas pacu Bandara Halim Perdanakusuma sudah kasar.

"Runway-nya memang sudah usia tua dan tanah di sekitar Halim ini sedikit, bukan labil ya, saya kurang paham mengenai tanah, tapi yang jelas juga terjadi penurunan," imbuh dia.

Sejarah Bandara Halim Perdanakusuma

Dikutip dari laman Angkasa Pura II, Bandara Halim Perdanakusuma sebelumnya bernama Lapangan Terbang Cililitan. Bandara ini juga digunakan sebagai markas Komando Operasi Angkatan Udara I (Koops AU I) TNI-AU

Bandara Halim Perdanakusuma beroperasi sementara menjadi bandara komersial mulai tanggal 10 Januari 2014 untuk mengalihkan penerbangan dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta yang dinilai telah penuh sesak.

Pada abad ke-17, daerah Cililitan merupakan sebuah tanah partikelir yang dimiliki oleh Pieter van der Velde. Tanah tersebut dinamakan Tandjoeng Ost. Kemudian sekitar tahun 1924, sebagian tanah tersebut dijadikan sebuah lapangan terbang pertama di kota Batavia.

Berlanjut ke halaman berikutnya soal Bandara Halim Perdanakusuma.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT