ADVERTISEMENT

Toko Kelontong Juga Harus Go Digital Supaya Selamat Dari Krisis

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Sabtu, 25 Des 2021 15:38 WIB
SRC terus berkomitmen untuk mendukung pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) agar terus produktif di tengah pandemi dan beradaptasi pada kebiasaan baru.
Foto: dok. SRC
Jakarta -

Usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) menjadi salah satu sektor yang mampu mendorong kebangkitan ekonomi nasional. DI tengah upaya pemerintah dalam melakukan akselerasi pemulihan ekonomi.

Karena itu UMKM juga harus berinovasi di tengah perkembangan zaman yang semakin dinamis. Misalnya dengan melek digital dan memiliki strategi-strategi yang jitu untuk mendongkrak produksi dan penjualan. Selain itu berbelanja di toko kelontong juga bisa membantu menggerakan ekonomi dari tempat tinggal terdekat.

Direktur PT SRCIS Rima Tanago mengungkapkan pelaku usaha harus adaptif dan inovatif agar bisa bertahan di tengah kondisi yang sulit.

"Kami sangat bersyukur di tengah situasi dinamis, untuk yang ketiga kalinya SRCIS secara konsisten menghadirkan festival belanja pertama dan terbesar di Indonesia dengan melibatkan puluhan ribu pelaku usaha toko kelontong masa kini. Melalui festival ini, kami ingin mengajak seluruh masyarakat untuk berpartisipasi dalam mendukung UMKM dengan berbelanja di toko #KelontongKebanggaan bersama SRC," jelas Rima, dikutip Sabtu (25/12/2021).

Dia menjelaskan festival ini diharapkan dapat membangkitkan ekonomi nasional dan memperkuat ekosistem SRC toko kelontong masa kini yang terus adaptif dan inovatif. Tidak hanya itu, festival ini akan menciptakan sebuah gerakan baru di mana masyarakat dapat berkontribusi sebagai penggerak ekonomi dengan berbelanja di toko kelontong. Sebelumnya, toko kelontong SRC berhasil menggerakkan perekonomian dengan menyumbang Rp63,9 triliun atau 4,1% terhadap PDB ritel nasional pada 2020.

"Inisiatif penyelenggaraan Festival SRC Indonesia, diharapkan dapat semakin memperkuat kontribusi untuk negeri. Pemerintah Indonesia sangat optimis pertumbuhan ekonomi Indonesia positif di 2022 dan kami ingin ke depan menjadi bagian dari upaya tersebut dengan menggerakkan sektor UMKM yang menjadi penopang ekonomi Indonesia," jelas Rima.

Disampaikan Rima, kegiatan ini juga dapat diikuti oleh pelaku usaha lainnya sehingga manfaatnya dapat dirasakan secara luas dirasakan oleh masyarakat Indonesia. Festival ini dipastikan menjadi pemantik semangat dan memberikan banyak keuntungan baik untuk toko kelontong SRC maupun bagi pelanggan baik yang melakukan interaksi secara langsung maupun via aplikasi.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT