Bisnis Resor dan Golf Trump Rugi Rp 57 M, Ada Apa Nih?

Danang Sugianto - detikFinance
Selasa, 28 Des 2021 09:16 WIB
House of Representatives (HOR) atau DPR AS mulai mempertimbangkan pemakzulan kedua Donald Trump. Ia secara resmi dituduh menghasut pemberontakan dan penyerbuan para pendukungnya di gedung parlemen, Capitol Hill, Rabu (6/1/2021) lalu.
Donald Trump/Foto: AP Photo
Jakarta -

Bisnis resor dan lapangan golf milik Donald Trump di Skotlandia mengalami kerugian hingga lebih dari 3 juta poundsterling atau setara Rp 57 miliar (kurs Rp 19126). Semua itu karena pandemi COVID-19.

Pembatasan sosial yang dilakukan pemerintah untuk mencegah penyebaran COVID-19 menyebabkan kerugian besar pada bisnis resor Trump di Ayrshire dan Aberdeenshire. Perusahaan bahkan melakukan pengurangan karyawan.

Trump Turnberry mencatat omzet turun lebih dari setengahnya dan mencatat kerugian lebih dari 3 juta poundsterling pada tahun 2020. Resor lain di Balmedie juga melaporkan kerugian sebesar 1,3 juta poundsterling.

Donald Trump memiliki darah keturunan Skotlandia. Ibu dari mantan Presiden AS ini, berasal Isle of Lewis, salah satu pulau di Skotlandia.

Dia membuka resor golf pertamanya di perkebunan Menie di Aberdeenshire pada 2012, meskipun saat itu muncul penentangan atas potensi kerusakan lingkungan. Proyek itu juga mencoba menghentikan ladang angin yang sedang dibangun di lepas pantai, dengan alasan akan merusak pemandangan.

Pada tahun 2014 ia membeli resor golf Turnberry di South Ayrshire yang sebelumnya dimiliki oleh perusahaan yang berbasis di Dubai. Dia menyerahkan kendali kedua untuk golf kepada putranya Donald Junior dan Eric tak lama sebelum dia menjadi presiden pada tahun 2017.

Lihat juga video 'Donald Trump Luncurkan Media Sosial Sendiri':

[Gambas:Video 20detik]



(das/ara)