200 Pos TNI di Wilayah Terluar Bakal Tersambung Internet Tahun Depan

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Kamis, 30 Des 2021 15:40 WIB
Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate bertemu Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa
Foto: Dok. Kemenkominfo

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa mencontohkan kondisi Pulau Dana Rote di Nusa Tenggara Timur. Menurutnya, akses komunikasi yang sulit membuat koordinasi menjadi terhambat.

"Pulau Dana Rote ini, Pak Menteri sangat paham wilayah itu, (prajurit) untuk laporan harus nyebrang ke Pulau Rote, baru bisa laporan apa perkembangannya, Kan tidak bisa kita membiarkan pos-pos itu misalnya tanpa komunikasi sama sekali. Kalau ada apa-apa bagaimana?" ungkapnya.

Menurut Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, ada pula tantangan di daerah perbatasan lain seperti titik pos TNI di Provinsi Maluku dan Maluku Utara, serta wilayah yang dekat dengan Sulawesi Tenggara.

"Di Taliabu, di Kepulauan Sula itu sangat sulit. Jadi kami selama ini mendapatkan anggaran dari pemerintah dalam hal telekomunikasi ICT itu melalui Telkom, tetapi anggaran itu kan sangat terbatas sehingga kami diskusikan dengan Telkom sebagai mitra yang memang selama ini mendukung ICT TNI dan Kementerian Pertahanan, ternyata jalan buntu untuk 2022 karena memang jumlah anggarannya," paparnya.

Direktur Enterprise and Business Service Telkom Indonesia Edi Witjara mengungkapkan Telkom senantiasa mendukung TNI dalam penyediaan fasilitas telekomunikasi untuk pos-pos TNI di Indonesia.

"Sektor pertahanan negara merupakan sektor yang krusial, dan Telkom berkomitmen untuk selalu memberikan yang terbaik dalam setiap kemitraan yang telah terjalin, termasuk dalam hal ini dukungan infrastruktur telekomunikasi untuk TNI," jelasnya.


(kil/ara)