Ibu-ibu Jangan Cemas, Harga Telur Diperkirakan Turun Minggu Depan

Trio Hamdani - detikFinance
Kamis, 30 Des 2021 15:41 WIB
Harga telur ayam di Tegal tembus Rp 33.000/Kg
Foto: Imam Suripto/detikcom: Harga telur ayam di Tegal tembus Rp 33.000/Kg
Jakarta -

Ketua Umum Asosiasi Peternak Layer Nasional, Musbar Mesdi memperkirakan harga telur ayam akan kembali turun pasca Hari Besar Keagamaan dan Nasional (HBKN), dalam hal ini Natal dan Tahun Baru 2022.

Harga telur yang kini tembus Rp 31-32 ribu per kilogram (kg) akan kembali turun di bawah Rp 30 ribu. Menurutnya itu siklus yang biasa terjadi setelah Natal dan Tahun Baru maupun Idul Fitri atau Lebaran.

"Sesudah sudah lewat masa HBKN biasanya melandai, artinya sekarang sudah di Rp 24 ribu, Rp 25 ribu, Rp 26 ribu (di tingkat peternak)," kata dia kepada detikcom, Kamis (30/12/2021).

Harga telur ayam di pedagang yang dijual ke konsumen tembus Rp 31-32 ribu ketika harga di tingkat peternak Rp 24.500. Kemudian setelah tiba di pengepul, pedagang besar sampai pedagang kecil ada ongkos Rp 6.800 per kg.

Dia menjelaskan bahwa ketika harga telur ayam tinggi maka masyarakat pasti mengurangi pembelian. Dengan demikian harga akan terkoreksi pasca HBKN.

"Ini yang menyebabkan sesudah hari raya HBKN ini harganya langsung melandai di tingkat peternak. Ya rasanya sih nanti harga di tingkat konsumennya paling minggu depan sudah turun lagi di bawah Rp 30 ribu," jelasnya.

Melihat tren tingkat penawaran dan permintaan (supply-demand) saat ini, dia meyakini harga telur ayam tidak akan kembali meroket, justru akan mengalami penurunan.

Tonton Video: Jelang Tahun Baru, Harga Cabe Turun-Harga Telur Terus Meroket

[Gambas:Video 20detik]



(toy/ara)