Ini Saran OJK Buat Yang Mau Main Pasar Modal di 2022

dtv - detikFinance
Jumat, 31 Des 2021 22:31 WIB
Jakarta -

Komisioner Edukasi dan Pengawas Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Sarjito membagikan sejumlah tips buat kalian yang mau investasi di pasar modal 2022. Pastinya cek terlebih dahulu legalitas dan logika.

"Pastikan sahamnya jangan yang fried stock (saham gorengan), saham kolesterol," ujar Sarjito dalam acara d'Mentor detikcom, Kamis (30/12/2021).

Sarjito mengingatkan untuk milenial yang baru pertama kali main saham. Pastikan melihat fundamental saham yang mau diinvestasikan.

"Memang kalau milenial senangnya saham volatil di mana-mana lebih menarik, ada orang invest besar kapitalisasi besar tapi perusahaan harga saham, pergerakan enggak bagus," paparnya

Selain itu Sarjito mengatakan perusahaan tempat investasi terdaftar di OJK atau Bappebti. Tujuannya untuk mengetahui legalitas dari perusahaan tersebut.

"Pastikan dulu. Kalau ditawari produk pastikan itu make sense logis jangan sampai nanti terjebak investasi aneh. Jadi kalau ada tawaran to good to be true itu pasti enggak oke. Jadi legalitas harus dicek dulu, lalu tawaran investasi seperti apa, kalau sampai return 30-40% ini enggak masuk akal," kata Sarjito.

Sarjito mengatakan untuk tidak gampang percaya informasi yang diberikan orang lain. Terlebih mereka yang mengaku penasihat investasi tetapi tidak punya sertifikasi.

"Jadi masyarakat yang mau investasi itu bener-benar sudah lihat fundamentalnya, tidak terpengaruh saran-saran, bahkan orang orang influencer dan sebagainya ada penasihat investasi ilegal tidak punya sertifikasi investasi tapi nasehati investasi," pungkas Sarjito.

(edo/fuf)