Tahun Baru 2022: Cukai Rokok hingga Pajak Orang Kaya Naik, Ini Besarannya

Trio Hamdani - detikFinance
Sabtu, 01 Jan 2022 11:50 WIB
Pemilik warung kelontong menata rokok di Jakarta, Selasa (14/12/2021). Cukai hasil tembakau (CHT) atau cukai rokok tahun depan ditetapkan naik oleh pemerintah. Rata-rata kenaikannya sebesar 12%. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menjelaskan kenaikan ini sudah disetujui oleh Presiden dan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian.
Ilustrasi/Foto: Agung Pambudhy

2. PPN

PPN juga mengalami kenaikan di 2022 ini. Namun itu berlaku mulai 1 April mendatang. Hal itu diatur di dalam Undang-undang Nomor 7 Tahun 2021 tentang Harmonisasi Perpajakan atau UU HPP sudah diteken oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) beberapa waktu lalu.

Melansir salinan UU HPP, dalam pasal 7 ayat 1 disebutkan tarif PPN ditetapkan sebesar 11% yang mulai berlaku pada 1 April 2022. Saat ini tarif PPN masih 10%.

PPN sendiri merupakan pungutan yang dibebankan terhadap transaksi jual beli dan jasa yang dilakukan oleh wajib pajak pribadi atau badan yang telah menjadi Pengusaha Kena Pajak (PKP).

3. PPh Orang Kaya

Pajak khusus untuk orang super kaya sudah pasti akan diterapkan. Hal itu menyusul telah resminya Undang-undang Nomor 7 Tahun 2021 tentang Harmonisasi Perpajakan atau UU HPP.

Aturan tentang pajak untuk orang super kaya tertuang dalam Bab II tentang Pajak Penghasilan (PPh). Dalam Pasal 17 dibuat tatanan atau layer baru untuk pengenaan pajak bagi orang kaya.

Tarif pajak tertinggi saat ini sebesar 35% yang dikenakan kepada penghasilan di atas Rp 5 miliar per tahun. Jumlah ini naik dibandingkan dengan layer sebelumnya yakni 30% untuk penghasilan di atas Rp 500 juta per tahun.


(toy/ara)