Tak Jadi Tutup 1 Januari, Ini Deretan Maskapai yang Terbang di Halim

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Minggu, 02 Jan 2022 19:59 WIB
Bandara Halim Perdanakusuma
Foto: Bandara Halim Perdanakusuma (Fuad Hasim/tim infografis detikcom)
Jakarta -

Bandara Halim Perdanakusuma masih dibuka dan beroperasi normal. Sebelumnya, bandara ini disebut bakal ditutup per 1 Januari 2022 untuk urusan revitalisasi.

Menurut Kementerian Perhubungan, penutupan sekaligus revitalisasi belum bisa dilakukan karena belum terbitnya Peraturan Presiden yang melandasi proyek revitalisasi bandara.

"Revitalisasi Halim akan dimulai jika Perpres sudah terbit. Saat ini operasional bandara Halim masih berjalan seperti biasa," ujar juru bicara Kemenhub Adita Irawati kepada detikcom, Minggu (2/1/2022).

Penerbangan untuk keberangkatan maupun kedatangan pun masih dilakukan di bandara Halim sampai hari ini. Hal itu juga sesuai dengan pemberitahuan khusus yang diunggah pihak bandara lewat akun Instagram @halimperdanakusumaairport.

Dalam unggahan melalui fitur story Instagram itu pihak bandara juga memaparkan jadwal keberangkatan dan kedatangan penerbangan berjadwal yang pada hari ini, Minggu 2 Januari 2022.

Setidaknya ada maskapai berjadwal yang melayani penerbangan dari Halim hari ini adalah Citilink dengan kode penerbangan QG dan Batik Air dengan kode penerbangan ID.

Totalnya ada sekitar 21 keberangkatan pesawat dari dua maskapai di Halim hari ini. Maskapai akan berangkat ke berbagai daerah dari Halim, mulai dari Yogyakarta, Denpasar, Kualanamu, Malang, Silangit, Surabaya, Padang, Pekanbaru, Palembang, hingga Bandar Lampung. Keberangkatan itu dilakukan mulai dari pukul 06.00 hingga 17.55 WIB.

Kemudian ada 22 kedatangan pesawat di Halim hari ini dari dua maskapai yang ada. Kedatangan itu berasal dari Yogyakarta, Denpasar, Kualanamu, Malang, Silangit, Surabaya, Padang, Pekanbaru, Palembang, hingga Bandar Lampung. Mulai dari pukul 09.30 hingga 20.40 WIB.

Sementara itu, dilansir dari website resmi bandara Halim Perdanakusuma masih ada beberapa maskapai lainnya yang juga terbang ataupun mendarat di Halim hari ini.

Mulai dari Trigana Air Service, Virgin Express, Pelita Air Service, Sriwijaya Airlines, hingga NAM Air. Rute yang diterbangi mulai dari Gorontalo, Matak, Dumai, Pangkal Pinang, Tanjung Pinang, dan lain sebagainya.

(hal/dna)