ADVERTISEMENT

Gaji Pilot Maskapai Ini Naik 3 Kali Imbas Ancaman Omicron

Anisa Indraini - detikFinance
Senin, 03 Jan 2022 11:03 WIB
Ilustrasi Pilot
Foto: (iStock)
Jakarta -

Maskapai penerbangan Amerika Serikat (AS) United Airlines akan menaikkan gaji tiga kali lipat kepada pilotnya. Kesempatan itu akan diberikan jika pilot tetap melakukan perjalanan di tengah varian baru COVID-19, Omicron.

Berdasarkan situs pelacakan penerbangan FlightAware, United Airlines telah membatalkan 200 penerbangan atau 11% dari jadwal utama. Hal itu dikarenakan kurangnya kru pesawat, terutama pilot karena sebagian besar terkena COVID-19.

Akhirnya antara maskapai dan Asosiasi Pilot sepakat menaikkan gaji yang masih harus melakukan penerbangan meski ada ancaman varian Omicron.

"Karena penyebaran varian Omicron cepat, kami melihat ancaman pilot untuk terkena sangat tinggi. Dampaknya pada operasi itu jelas dan United Airlines telah mengalami sejumlah besar pembatalan (penerbangan) selama seminggu terakhir," kata Wakil Presiden Senior Operasi Penerbangan United Airlines, Bryan Quigley dikutip dari CNBC, Senin (3/1/2022).

Pilot akan ditawarkan kenaikan gaji sebesar 3,5 kali lipat jika mau melakukan penerbangan untuk perjalanan dari 30 Desember 2021 dan 3 Januari 2022. Sedangkan kenaikan gaji tiga kali lipat jika mau melakukan penerbangan antara 4 Januari dan 29 Januari 2022.

Pramugari United Airlines juga mendapatkan bayaran ekstra jika mau mengambil perjalanan. Maskapai lain termasuk JetBlue, American, Southwest, dan Spirit juga telah menaikkan gaji kru untuk menghindari gangguan penerbangan selama liburan Natal dan Tahun Baru.

Sekadar informasi, lonjakan kasus varian Omicron telah membuat 10.000 penerbangan gabungan dari maskapai United, Delta Air Lines, JetBlue Airways, SkyWest, Alaska Airlines, dan maskapai lainnya dibatalkan sejak 23 Desember. Hal itu terpaksa dilakukan dengan alasan cuaca buruk dan minimnya kru maskapai karena banyak yang dinyatakan positif COVID-19.

Simak video 'Kisah Sang Pilot Penjual Ayam Madu untuk Bangkit dari Corona':

[Gambas:Video 20detik]



(aid/ara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT