General Motor Lepas Gelar 'Raja Bisnis Otomotif', Siapa Gantinya?

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Rabu, 05 Jan 2022 09:22 WIB
General Motors
Ilustrasi/Foto: Reuters
Jakarta -

Perusahaan otomotif raksasa asal Amerika Serikat (AS), General Motors (GM) kehilangan gelar sebagai penjual mobil top Amerika. Hal ini merupakan yang pertama kalinya dalam kurun waktu 90 tahun terakhir.

Perlu diketahui bahwa GM telah memegang gelar sebagai penjual mobil nomor satu AS sejak 1931. Karenanya hal ini membuat perusahaan merasa kecewa dan berjanji akan bangkit kembali.

Melansir dari BBC, Rabu (5/1/2021), saat ini perusahaan otomotif asal Jepang, Toyota, menempati posisi teratas dan merebut gelar penjual mobil terbaik di AS. Toyota berhasil berada di posisi puncak berkat hasil penjualannya di 2021 yang lebih dari 2,3 juta kendaraan, naik 10%.

Sepanjang 2021, Toyota berhasil mempertahankan penjualannya yang kuat dari kendaraan hibrida dan model lainnya, meski mereka juga terpaksa harus memangkas produksi kendaraannya di tengah krisis chip global.

Namun perusahaan ini dapat bertahan dan tidak terlalu dipengaruhi krisis chip global ini berkat keputusannya untuk membangun gudang persediaan setelah gempa bumi dan tsunami 2011.

Di sisi lain, GM mengatakan penjualannya mengalami penurunan hingga 13%. Sepanjang 2021 ini, GM hanya berhasil menjual sekitar 2,2 juta kendaraan.

Jumlah penjualannya tersebut mengalami penurunan bila di banding dengan tahun sebelumnya di mana mereka berhasil menjual sekitar 2,5 juta kendaraan. Mereka terpaksa dirugikan akibat meluasnya krisis chip global yang menyebabkan GM kekurangan suku cadang semikonduktor untuk memproduksi kendaraan baru.

"Kendala utama untuk penjualan terus berkurang tingkat persediaan sebagai akibat dari kekurangan semikonduktor," kata kepala ekonom GM Elaine Buckberg dalam sebuah pernyataan yang membahas penjualan perusahaan dan prospek untuk 2022.

(eds/eds)