Bill Gates Mau Guyur Rp 214 T untuk Teknologi Ramah Lingkungan

Trio Hamdani - detikFinance
Senin, 10 Jan 2022 22:00 WIB
Bill Gates
Foto: Instagram @thisisbillgates
Jakarta -

Dana publik-swasta yang didukung oleh miliarder Microsoft Bill Gates, Breakthrough Energy Catalyst (BEC) dikabarkan berencana untuk menginvestasikan hingga US$ 15 miliar dalam proyek-proyek teknologi bersih di seluruh AS, Inggris, dan Uni Eropa. Dana investasi tersebut setara Rp 214,5 triliun (asumsi kurs Rp 14.300).

BEC yang berada di dalam Breakthrough Energy Group yang didirikan oleh Gates pada tahun 2015 telah mengumpulkan lebih dari US$ 1,5 miliar dari bisnis dan organisasi amal sejauh ini. Tetapi Direktur Pelaksana BEC Jonah Goldman, mengatakan bahwa pada akhirnya rencana investasinya akan 10 kali lipat dari jumlah itu, atau US$ 15 miliar.

"Kami benar-benar mencoba menunjukkan jalur teknologi mana yang paling efektif," tuturnya disadur detikcom dari CNBC, Senin (10/1/2022).

Di situs webnya, Breakthrough Energy menggambarkan BEC sebagai program untuk menunjukkan bagaimana mereka dapat membiayai, memproduksi, dan membeli solusi baru yang akan menopang ekonomi rendah karbon.

BEC mengumumkan pada bulan September bahwa mereka telah mendapatkan investasi dari Microsoft, BlackRock, General Motors, American Airlines, Boston Consulting Group, Bank of America dan ArcelorMittal. Mereka juga telah menerima dukungan dari Departemen Energi AS dan badan eksekutif UE, Komisi Eropa.

(toy/dna)