Luhut Ungkap Resep RI Jadi Negara Maju, tapi Jangan Sampai Ini Kejadian

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Rabu, 12 Jan 2022 11:42 WIB
Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan/Foto: KEMENKO MARVES
Jakarta -

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan bicara cara agar Indonesia bisa menjadi negara maju di 2045. Yang paling utama adalah Indonesia harus mampu mengejar pertumbuhan ekonomi 6% tiap tahun hingga 2045.

"Indonesia butuh rata-rata 6% per tahun untuk target Indonesia maju 2045," ujar Luhut dalam webinar Sinarmas, Rabu (12/1/2022).

Target itu pun sangat krusial mengingat bonus demografi tidak akan selamanya dinikmati Indonesia. Maka dari itu, populasi penduduk muda dan produktif yang masih banyak di Indonesia harus bisa dibuat menjadi kaya sebelum menua.

Luhut mengatakan bila Indonesia mau jadi negara maju, maka tua sebelum kaya jangan sampai terjadi. "Maka harus dihindarkan adalah growing old before growing rich," kata Luhut.

Bagaimana caranya? Menurut Luhut perlu ada pergeseran nilai ekonomi di Indonesia yang tadinya hanya berpangku pada ekspor bahan mentah menjadi orientasi pada nilai tambah alias hilirisasi.

"Berpuluh tahun lamanya kita andalkan ekspor komoditas murah dan mentah, tahun 70-an kita andalkan karet dan minyak mentah, saat ini kita andalkan batu bara dan CPO," ungkap Luhut.

Apa langkah pemerintah? Cek halaman berikutnya.