d'Mentor

Tips Wamendag Bagi yang Mau Investasi Aset Kripto

dtv - detikFinance
Kamis, 13 Jan 2022 06:39 WIB
Jakarta -

Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga membagikan tips buat kalian yang ingin investasi kripto. Caranya dengan memastikan koin dan pedagang aset kripto diakui pemerintah.

"Sekali lagi saya ingin menekankan dua hal pertama lihat produknya lihat asetnya lihat komunitas, ini token atau koin apakah betul sudah masuk ke 229 , kalau bukan saya menghimbau jangan, jangan melakukan transaksi atau membeli di luar dari 229 itu, ini very logical karena tidak terdaftar di Bappebti tidak eksis di Indonesia ini gimana kita mau memastikan itu baik atau tidak," ujar Jerry dalam acara d'Mentor detikcom, Rabu (12/1/2021).

Selain itu, Jerry mengimbau agar pelaku investasi wajib memastikan tempat transaksi kripto terdaftar di bawah Bappebti. Pemerintah tidak memberikan jaminan keamanan dan perlindungan terhadap investor yang berinvestasi di tempat yang tak terdaftar di lembaga tersebut.

"Karena di luar 11 itu kita tidak tahu eksistensi seperti apa background seperti apa, laporan transaksi keuangan seperti apa, laporan aktivitas seperti apa ? jualan apa, enggak jelas. Sederhannya yang 11 (pedagang) ini aja teregistrasi dan koin 229 gampang begitu," paparnya

Jerry mengatakan jangan mudah percaya dengan akun-akun di media sosial yang mengaku-ngaku bagian dari pedagang aset kripto. Pastikan secara detail keabsahan dari pedagang tersebut.

"Coba di cek namanya apa, tapi kita juga hati-hati ada juga Tokocrypto (di sosial media), nah di cek dulu nih, jadi dia punya kantor enggak di mana dia udah jualan di e-wallet belum ? coba di lihat. Kadang-kadang kalau dicecar kita, ternyata dia enggak punya, kita harus hati-hati sekali," tuturnya.

Jerry pun mengingatkan masyarakat agar tidak segan-segan melaporkan indikasi-indikasi penipuan dalam investasi aset kripto. Tujuannya agar bisa ditindak dan memastikan ekosistem perdagangan kripto aman.

"Kalau ada apa apa adukan ke Bappebti setiap laporan ada nomor laporan, ada follow upm semua bisa disampaikan lengkap dan detail," imbau Jerry.

(ed/ids)