ADVERTISEMENT

Tumben Banget Pengusaha Ngopi Bareng Buruh, Ada Angin Apa Nih?

Anisa Indraini - detikFinance
Kamis, 13 Jan 2022 16:03 WIB
Kalangan buruh dan pengusaha yang tergabung dalam Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia hari ini bertemu membahas sektor ketenagakerjaan.
Foto: Anisa Indraini/detikcom

Dilatih Jadi Pengusaha

Pembahasan kedua adalah soal second income. Dengan adanya pokja ini, ke depannya Kadin akan melakukan mentoring untuk para rumah tangga agar bisa jadi pengusaha untuk menambah pendapatan pasangannya sebagai pekerja.

"Setiap rumah tangga itu misalnya suaminya bekerja, istrinya mungkin bisa jadi UMKM, kita bisa jadi mentoring. Atau kalau istrinya kerja, suaminya bisa jadi pengusaha di sini mentoring penting karena pengusaha bukan dari besar, tapi dari kecil," imbuhnya.

Pembahasan soal upah minimum pekerja (UMP) tidak luput dari topik pertemuan hari ini. Momen ini jarang terjadi karena biasanya baik pengusaha maupun buruh kerap menyinggung dalam berbagai kepentingan.

"Ini sejarah baru pertama kali dilakukan kami terima kasih kepada Kadin yang sudah membuka ruang dialog. Jika biasanya kami turun ke jalan, kali ini bisa berdialog. Bukan hanya membahas soal UMP, tapi lebih dari itu yaitu kesejahteraan buruh," kata Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Andi Gani.

Dalam kesempatan ini, dari perwakilan buruh hadir masing-masing ketua KSPSI, Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (KSBSI), dan Konfederasi Serikat Pekerja Nasional (KSPN).


(aid/ara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT