Rogoh Rp 14 Triliun, Google Beli Gedung di London

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Jumat, 14 Jan 2022 22:15 WIB
FILE PHOTO: An illuminated Google logo is seen inside an office building in Zurich September 5, 2018. REUTERS/Arnd WIegmann/File Photo
Ilustrasi/Foto: Getty Images
Jakarta -

Google, raksasa teknologi asal Amerika Serikat, dikabarkan merogoh kocek US$ 1 miliar atau sekitar Rp 14,3 triliun. Dana bejibun tersebut dipakai untuk membeli sebuah gedung di London.

Saat ini Google memiliki 6.400 orang karyawan di Inggris, dan rencana akan ditambah menjadi 10.000 orang. Sementara itu, gedung tersebut akan menjalani renovasi besar-besaran

Renovasi tersebut masuk ke dalam pengembangan kawasan Central Saint Giles. Kawasan ini cukup dekat dengan Covent Garden di pusat kota London.

"Kami memiliki hak istimewa untuk beroperasi di Inggris selama hampir 20 tahun, dan pembelian kami atas pengembangan Central Saint Giles mencerminkan komitmen berkelanjutan kami terhadap pertumbuhan dan kesuksesan negara," kata Ruth Porat, CFO perusahaan induk Google, Alphabet dilansir dari Reuters, Jumat (14/1/2022).

Google berencana untuk merombak gedung sehingga disesuaikan untuk kerja tim secara langsung. Selain itu mereka juga berencana melakukan ruang pertemuan untuk pekerjaan hibrida, serta menciptakan lebih banyak ruang untuk individu.

Renovasi baru juga akan menampilkan ruang kerja tertutup di luar ruangan untuk memungkinkan bekerja di udara segar.

Google akan memiliki kapasitas untuk 10 ribu pekerja di lokasinya di Inggris.

"Investasi dalam pekerjaan dari Google ini adalah kepercayaan besar di Inggris sebagai pusat teknologi terkemuka dunia," kata menteri keuangan Rishi Sunak dalam sebuah pernyataan.

(hal/hns)