Bill Gates, Dapat Cuan dari Vaksin-Makin Tajir Saat Pandemi

Aulia Damayanti - detikFinance
Selasa, 18 Jan 2022 13:51 WIB
Bill Gates miskin
Foto: Facebook
Jakarta -

Miliarder dan pendiri Microsoft, Bill Gates memang menjadi sorotan selama pandemi ini. Ia menjadi salah satu orang terkaya yang menyumbangkan dana untuk penanganan pandemi hingga pengadaan vaksin.

Tidak hanya di kala pandemi, melalui yayasan Bill and Melinda Gates Foundation, Bill Gates juga telah menyumbangkan dana untuk pengadaan vaksinasi sejumlah penyakit. Namun, di kala pandemi ini yang memang menjadi perhatian sejumlah pihak. Pasalnya saat dunia tengah 'sakit' karena pandemi, Gates bertambah kaya.

Misalnya, pada awal akan diadakan vaksinasi, yayasan Gates mengambil langkah untuk menggelontorkan dana kepada perusahaan farmasi CureVac. Mengutip dari The Nation Selasa (18/1/2022) dana yang diinvestasikan Gates sebanyak US$ 40 juta atau setara Rp 572 miliar.

Investasi itu disebut-sebut menguntungkan Bill Gates, karena setelah suntikan itu saham perusahaan naik 400%.

Nilai itu hanya sebagian dari total US$ 2,5 miliar yang memang ingin Gates investasikan untuk penanganan pandemi COVID-19. Investasi itu menunjukan Gates menjadi pihak yang berpengaruh dalam respons pandemi. Sekaligus orang yang meraup keuntungan finansial yang cukup besar di kala pandemi.

Analiasis The Nation menuliskan, pandemi telah memberikan rejeki nomplok bagi Gates. Meski demikian, keuntungan saat pandemi ini tidak seberapa dibandingkan investasi vaksinasi yang sudah dilakukan puluhan tahun lalu sebelum COVID-19 melanda.

Sejauh ini, Gates tidak pernah terang-terangan mengenai investasinya selama pandemi.

Lanjut halaman berikutnya.