Minyak Goreng Rp 14.000 di Pasar Tradisional Butuh Waktu Seminggu Lagi

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Selasa, 18 Jan 2022 21:45 WIB
Jakarta -

Minyak goreng satu harga Rp 14 ribu per liter bakal dijual mulai besok. Minyak goreng satu harga ini berlaku untuk minyak goreng kemasan sederhana maupun premium.

Namun tampaknya harga minyak goreng Rp 14 ribu per liter ini tidak langsung bisa ditemui dan dibeli di pasar tradisional besok. Menteri Perdagangan M Lutfi mengatakan butuh satu minggu lamanya untuk penyesuaian harga di pasar tradisional.

"Sebagai awal pelaksanaan untuk pasar tradisional diberikan waktu satu minggu dalam rangka melakukan penyesuaian," ungkap Lutfi dalam konferensi pers virtual, Selasa (18/1/2022).

Tapi jangan khawatir, Lutfi memastikan minyak goreng satu harga Rp 14 ribu per liter ini bisa dibeli di toko ritel modern, seperti minimarket dan supermarket terdekat mulai besok.

"Kebijakan berlaku mulai hari Rabu 19 januari 2022 pada pukul 00.01 WIB. Seluruh jaringan ritel modern akan sediakan minyak goreng 14 ribu per liter," ungkap Lutfi.

Lutfi juga meminta agar masyarakat jangan sampai melakukan panic buying dengan memborong minyak goreng Rp 14 ribu per liter ini. Dia bilang stok minyak goreng satu harga cukup untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga dan UMKM di Indonesia.

"Kepada masyarakat diharapkan tidak memborong (panic buying) karena stok minyak goreng dalam jumlah yang sangat cukup,"
ujar Lutfi.

(hal/dna)