Siap Serbu Ibu-ibu, Mulai Hari Ini Minyak Goreng Dijual Rp 14.000!

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Rabu, 19 Jan 2022 07:00 WIB
Jakarta -

Kebijakan minyak goreng satu harga berlaku mulai hari ini. Minyak goreng kemasan sederhana hingga premium dijual Rp 14.000 per liter. Namun, kebijakan satu harga ini dikecualikan untuk minyak curah.

Sebagai awal pelaksanaannya kebijakan ini bakal dilakukan melalui ritel modern yang menjadi anggota Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) di seluruh Indonesia.

Lutfi memastikan minyak goreng Rp 14.000 per liter bakal tersedia mulai hari ini, masyarakat bisa langsung mendatangi minimarket atau supermarket terdekat.

"Kebijakan berlaku mulai hari Rabu 19 Januari 2022 pada pukul 00.01 WIB. Seluruh jaringan ritel modern akan sediakan minyak goreng 14.000 per liter," ungkap Lutfi dalam konferensi pers virtual, Selasa (18/1/2022).

Namun, untuk di pasar tradisional kebijakan ini mungkin tidak akan langsung berlaku. Kemendag memberikan waktu penyesuaian harga di pasar tradisional selama seminggu ke depan.

"Untuk pasar tradisional diberikan waktu satu minggu untuk melakukan penyesuaian harga," jelas Lutfi.

Dia mengingatkan dengan adanya kebijakan satu harga ini masyarakat diimbau agar tidak melakukan panic buying alias memborong minyak goreng secara berlebihan. Dia memastikan stok minyak goreng cukup.

"Saya juga mengimbau masyarakat untuk tidak perlu panic buying atau membeli secara berlebihan. Karena pemerintah sudah menjamin pasokan dan stok minyak goreng dengan harga Rp 14 ribu per liter pasti dapat mencukupi kebutuhan seluruh masyarakat," kata Lutfi

Lutfi menjabarkan kebijakan ini setidaknya bakal berlaku hingga 6 bulan ke depan. Setelah 6 bulan, kebijakan akan mulai ditinjau apakah perlu diperpanjang atau tidak.

Lanjut ke halaman berikutnya