Melirik Bisnis Kuliner yang Berkembang Pesat di Lokasi yang Tepat

Aulia Damayanti - detikFinance
Rabu, 19 Jan 2022 12:23 WIB
(Istimewa)
Foto: (Istimewa)
Jakarta -

Tahun 2022 ada banyak indikator yang menyebutkan perekonomian nasional akan terus meningkat. Hal ini juga membuka peluang usaha khususnya berbagai potensi bisnis yang terus muncul seiring adaptasi dan penerapan new normal saat pandemi COVID-19 yang telah kita jalani dua tahun terakhir.

Potensi yang baik itu ditawarkan di Kota Gading Serpong, Tangerang, Banten, khususnya untuk sektor kuliner. Hal ini tidak terlepas dari populasi besar dan terus berkembang di Gading Serpong begitu juga dengan infrastruktur yang terus dibangun yang membuat aksesibilitas kawasan ini mudah ditempuh dari seluruh wilayah Jabodetabek.

Salah satu bisnis yang sangat berkembang di Gading Serpong yaitu bisnis kuliner. Gambaran potensinya bisa dilihat melalui data Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kota Tangerang. Menurut Kepala Bidang UMKM Dinas Koperasi dan UMKM Kota Tangerang Sarmili, bisnis UMKM khususnya bidang kuliner menjadi bisnis yang paling diminati masyarakat khususnya generasi milenial.

"Peningkatannya sangat pesat, selama sembilan bulan tahun 2020 saja ada lebih dari 400 unit UMKM baru yang terbentuk dan tahun lalu ada lagi 633 unit. Ini makin melengkapi sektor bisnis dari segmen UMKM yang tercatat hingga saat ini sebanyak 11.793 unit dan masih akan terus tumbuh subur," katanya.

Menurut M. Nawawi, Direktur Paramount Land, bisnis kuliner merupakan salah satu bisnis yang selalu memiliki potensi dan tidak ada istilah berhenti. Potensi itu lebih baik lagi di Gading Serpong karena mayoritas penduduknya merupakan kalangan pekerja yang mengutamakan kepraktisan hingga urusan makanan.

"Membeli makanan dinilai lebih praktis dan cocok dengan lifestyle kalangan pekerja di sini, selain kegemaran penghuninya yang selalu ingin mencari experience bahkan untuk urusan makanan. Inilah yang membuat peluang usaha kuliner sangat menjanjikan dengan sifatnya yang fleksibel, membuat bisnis ini juga digandrungi anak muda dengan potensi yang sangat besar," ujarnya.

Di Kota Gading Serpong, bisnis kuliner sendiri telah menjadi salah satu daya tarik utama karena ada banyak ragam jenis usaha kuliner maupun resto yang menawarkan makanan khas dari seluruh wilayah Indonesia, franchise, hingga internasional. Kelasnya pun tersedia dari kaki lima hingga restoran terkenal yang eksklusif.

Bersambung ke halaman selanjutnya.